Terbaru, Segini Biaya Tes DNA di Rumah Sakit, Ini Sederet Manfaatnya

Senin 09-09-2024,10:40 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

4. RS Hasan Sadikin (Bandung) berkisar Rp9.000.000 untuk tiga anggota keluarga dengan tambahan Rp1.000.000 untuk satu orang.

5. Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro berkisar Rp8.000.000 hingga Rp12.000.000.

BACA JUGA:Bikin Gaduh di Medsos, Mantan Stafsus Presiden Yasmin Nur Minta Maaf

Tidak Ada Asuransi Tes DNA

Biaya tes DNA yang begitu mahal sayangnya tidak termasuk layanan kesehatan yang ditanggung BPJS Kesehatan. Karena tes DNA tidak masuk kategori pemeriksaan untuk indikasi medis.

Tetapi masih ada asuransi yang menanggung biaya tes DNA, seperti produk asuransi Generali I-Signature milik PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali). Produk ini menyediakan paket tes DNA gratis sebagai langkah awal untuk mengenal karakteristik tubuh dan memulai hidup yang lebih sehat.

BACA JUGA:Tak Sembarangan, Begini Cara Mengganti Nama Anak Dalam Islam Menurut Buya Yahya

Manfaat Tes DNA

Manfaat tes DNA tidak sekedar mengetahui asal-muasal nenek moyang saja. Lebih dari itu, tes DNA memiliki banyak manfaat melalui analisis materi genetik. Berikut ini beberapa manfaat dari tes DNA yang bisa didapatkan:

1. Kebutuhan Forensik

Manfaat tes DNA yang pertama adalah untuk keperluan forensik. Analisa forensik biasanya dilakukan untuk mengidentifikasi jejak genetik seseorang untuk kepentingan hukum.

Uji forensik tidak dilakukan untuk mengetahui perubahan genetik, melainkan mengenali jejak genetik yang tertinggal untuk memecahkan sebuah kejadian kriminal seperti pencurian, pembunuhan, hingga tindakan kekerasan fisik. Uji forensik juga dapat digunakan untuk mengenali jasad yang sulit diidentifikasi secara visual.

BACA JUGA:Bikin Gaduh di Medsos, Mantan Stafsus Presiden Yasmin Nur Minta Maaf

2. Memantau Kondisi Bayi

Tes DNA juga dapat digunakan untuk melakukan tes pra-natal atau pra kelahiran. Hal ini berfungsi untuk deteksi dini apakah terjadi kelainan genetik yang dimiliki oleh janin. Tes DNA juga dilakukan saat bayi telah lahir untuk memantau kemungkinan adanya kelainan genetik.

Di Inggris, setiap bayi yang lahir akan menjalani tes DNA untuk mengetahui adanya potensi cystic fibrosis.

Kategori :