Buntut Kasus Penghinaan, Rektor UIN Suska Riau jadi Tersangka, Ini Fakta Menariknya!

Senin 09-09-2024,11:52 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

6. Berkelakuan Baik

Berkelakuan baik yang dimaksudkan disini adalah tidak pernah terlibat dengan kasus hukum dalam bentuk apapun. Sehingga tidak pernah terlibat kasus pidana apapun dan tidak pernah masuk ke jeruji besi.

Syarat menjadi rektor satu ini tentu sangat penting, sebab rektor akan menjadi pemimpin PT. Dalam proses seleksinya, senat akan mengecek riwayat calon rektor. Sehingga dipastikan punya perilaku baik dan layak menjadi wajah sebuah PT.

BACA JUGA:Pencuri Tas Dimas Drajad Ditangkap Polisi, Barang Sudah Dijual?

7. Berwawasan Luas

Seorang rektor selama menjabat akan mempengaruhi semua kebijakan sebuah PT yang dipimpin olehnya. Maka rektor idealnya adalah dosen yang memiliki wawasan luas. Sebab sebuah PT perlu terus berkembang untuk menjawab tantangan zaman.

Maka diharapkan semua calon rektor memiliki wawasan luas, baik dalam dunia akademik maupun non akademik. Sehingga rektor tersebut selama menjabat bisa membantu PT semakin berkembang dengan berbagai program dan jalinan kerjasama dengan pihak eksternal.

8. Memiliki Jiwa Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial

Syarat menjadi rektor berikutnya adalah memiliki jiwa kepemimpinan dan juga punya kemampuan manajerial yang baik. Sebab sejatinya rektor adalah pemimpin yang sudah tentu wajib punya kecakapan menjadi seorang pemimpin.

Punya jiwa kepemimpinan saja tentu kurang cukup, karena dosen nantinya akan mengatur lembaga di dalam PT. Sehingga harus punya kemampuan manajerial yang baik. Mulai dari tata kelola SDM di PT sampai sumber dana yang tersedia.

BACA JUGA:Tak Sembarangan, Begini Cara Mengganti Nama Anak Dalam Islam Menurut Buya Yahya

9. Memenuhi Persyaratan Administrasi

Tidak kalah penting adalah sudah memenuhi persyaratan administrasi, yang mana syarat menjadi rektor satu ini sifatnya internal. Artinya, setiap PT bisa menetapkan sendiri mengenai syarat administrasi.

Namun secara umum rektor akan diminta melampirkan KTP, daftar riwayat hidup, surat kesediaan menjadi rektor, surat pengusulan bakal calon rektor, dan lain sebagainya.

Itulah informasi terkait fakta-fakta dari kasus Rektor UIN Suska Riau yang ditetapkan jadi tersangka oleh Polda Riau.

Putri Nurhidayati

Kategori :