Iklan dempo dalam berita

Ini Alasan Rasulullah SAW Anjurkan Matikan Lampu Waktu Tidur

Ini Alasan Rasulullah SAW Anjurkan Matikan Lampu Waktu Tidur

Anjuran Nabi Muhammad agar mematikan lampu saat tidur--

 

لا تَتْرُكُوا النَّارَ فِي بُيُوتِكُمْ حِيْنَ تَنَامُوْنَ

 

Artinya: "Janganlah kalian biarkan api menyala di dalam rumah kalian ketika kalian tidur." (HR Bukhari, Muslim, Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)

BACA JUGA:Setan Musuh Manusia Sampai Hari Kiamat, Hanya 4 Golongan Manusia Ini yang Ditakutinya

 

Dalam Syarah Riyadhus Shalihin dijelaskan, perintah Rasulullah SAW dalam hadits tersebut adalah untuk bimbingan Nabi SAW atau untuk anjuran agar memadamkan api--ada juga penerjemah hadits yang menyebutnya lampu--ketika hendak tidur.

 

Menurut penjelasan dalam Kitabul-Aadab karya Fuad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub, alasan perintah untuk memadamkan lampu dan api ketika hendak tidur adalah khawatir jika api menjalar dan membakar penghuni rumah. Mengingat, pada saat itu alat penerangan masih menggunakan api.

 

Alasan tersebut turut dijelaskan dalam sabda beliau, "Karena mungkin tikus akan menyenggol pelita dan membakar penghuni rumah."

 

Ada hadits yang lebih lengkap yang menceritakan bahwa ada rumah di Madinah yang terbakar api saat malam hari, hingga Rasulullah SAW memerintahkan untuk memadamkan api sebelum tidur. Hadits ini berasal dari Abu Musa RA, sebagaimana termuat dalam kitab Riyadhus Shalihin karangan Imam an-Nawawi. Ia mengatakan,

BACA JUGA:Katanya jika Hewan Berikut Masuk Rumah, Itu Artinya Anda akan Mendapat Rezeki

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: