Iklan dempo dalam berita

Sampah Minuman dan Deterjen Bisa Bernilai, Warga Jadikan Pupuk Organik dan Kerajinan

Sampah Minuman dan Deterjen Bisa Bernilai, Warga Jadikan Pupuk Organik dan Kerajinan

Sampah Minuman dan Deterjen Bisa Bernilai, Warga Jadikan Pupuk Organik dan Kerajinan--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Kreativitas ibu rumah tangga yang merupakan warga Jalan Meranti RT 09 RW 02 Kelurahan Sawah Lebar Baru layak diberi jempol.


BACA JUGA:Tanpa Bunga dan Cicilan Ringan, Simak Cara Ajukan Pinjaman Rp50 juta di KUR BSI Secara Online

Pasalnya mereka bekerja sama untuk mengolah sampah rumah tangga agar menjadi produk kerajinan yang bernilai.

Para ibu rumah tangga ini memanfaatkan sampah anorganik seperti bungkus minuman dan bungkus deterjen serta ring cup minuman untuk kemudian menjadi karya kerajinan mulai dari tas, tempat air mineral atau tempat tisu dan tikar yang memiliki nilai ekonomis.

BACA JUGA:Umat Islam Sebaiknya Tidak Memakai Cincin pada Dua Jari Berikut

Selain itu, cara ini selain mengurangi volume sampah di lingkungan juga diharap mampu membantu ekonomi keluarga kegiatan ini.

Kreatifitas ini sudah dilakoni warga sejak empat bulan terakhir di bawah binaan fasilitator kader DLHK Provinsi Bengkulu Hesti Riawati. 

BACA JUGA:Berapa Lama Nabi Nuh Membuat Kapal? Sebelum Membuat Kapal, Nabi Nuh Terlebih Dahulu Menanam Kayu

Disampaikan Hesti Riawati, sampah rumah tangga ini dapat diolah menjadi pupuk organik jenis Enco Enzym dan Classic Enzym serta Em 4 atau Effective Mikroorganisme.  

Prosesnya sangat mudah, alat dan bahan mudah dicari di sekitar lingkungan yakni memanfaatkan limbah rumah tangga seperti sisa makanan, sayuran, tulang ikan dan tulang ayam serta kulit buah yang kemudian diolah menjadi pupuk organik dan anorganik. 

BACA JUGA:Utang Pinjol Akibat Galbay Belum Lunas, Coba Pakai Metode Snowball untuk Melunasinya

Sementara itu, cara pengolahannya sisa makanan dan kulit buah serta sayuran dimasukan ke tong komposter kompos padat yang kemudian menghasilkan cairan air lindi atau pupuk organik cair.

Karena, untuk pembuatan pupuk organik jenis enco enzym yang terbuat dari kulit buah segar dan memilki struktur yang lembut seperti kulit nanas, kulit pisang dan kulit papaya arau jeruk.

BACA JUGA:Sudah Cair Untuk Jutaan Pelajar, Ini Daftar Penerima PIP Kemendikbud September 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: