Iklan RBTV Dalam Berita

Ingat Masa Kecil, 14 Permainan Tradisional yang Nyaris Hilang, Diantaranya Main Kelereng dan Hompimpa

Ingat Masa Kecil, 14 Permainan Tradisional yang Nyaris Hilang, Diantaranya Main Kelereng dan Hompimpa

Sudah semakin jarang melihat anak-anak main kelereng--

Permainan ini bisa dimainkan dua orang atau lebih. Ini akan membuat anak-anak merasa sakit, lucu, dan ingin berada paling atas. Permainan ini akan menyatukan kebersamaan dan kasih sayang antar pemain, serta menjadi hiburan untuk anak-anak tersebut.

Aturan Permainan:

Semua pemain duduk di lantai membentuk lingkaran. Tangan para pemain dikumpulkan sambil mencubit tangan pemain yang ada di bawahnya. Tangan yang saling mencubit dan berbaris rapi ke atas digoyang-goyangkan ke atas dan ke bawah sambil menyanyikan lagu "Injit-injit semut, siapa sakit naik ke atas." Tangan yang paling bawah bisa naik ke atas. Begitu seterusnya.

12. Gasing

Permainan gasing sangat digemari anak laki-laki. Permainan ini membutuhkan tanah yang keras karena gasing hanya berputar dengan maksimal pada tanah yang keras. Gasing zaman dahulu bisa dibuat dari kayu. Di kampung-kampung, gasing dibuat dari cabang pohon nangka atau pohon gading.

BACA JUGA:Tidak Hanya Daging, Sayuran juga Bisa Jadi Penyakit Jika Dipanaskan Berulang-ulang

Aturan Permainan:

Permainan ini membutuhkan seutas tali untuk dililitkan pada bagian pucuk atas gasing. Lalu tali ditarik sekuat mungkin agar gasing yang jatuh ke tanah dan mampu berputar kencang. Gasing bisa dimainkan sendiri atau bersama teman-teman dengan bertanding siapa yang paling lama putaran gasingnya.

13. Egrang

Bermain egrang cukup menantang dan seru. Kamu bisa merasakan berjalan dengan ketinggian. Peralatan yang digunakan adalah dua buah bambu yang berukuran sama besar, kira-kira dua sampai tiga meter dengan pijakan yang sama tinggi pada masing-masing bambu.

Aturan Permainan:

Naikkan kedua kaki pada bagian tempat kaki sembari kedua tangan berpegangan pada gagang egrang. Tidak mudah menjalankan permainan ini sebab dibutuhkan keahlian dalam keseimbangan badan.

Permainan ini bisa dilakukan bersama teman seperti siapa yang paling lama bertahan di atas egrang, atau siapa yang lebih dulu mencapai garis finis dengan egrang yang menjadi pemenang.

14. Petak Umpet

Kamu pasti pernah bermain petak umpet. Permainan satu ini tak pernah lekang oleh waktu. Petak umpet akan selalu seru dan dimainkan dari zaman ke zaman. Permainan ini cukup populer pada salah satu episode kartun Upin & Ipin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: