Iklan RBTV Dalam Berita

Bikin Tepuk Jidat, Ini Alasan Cewek Malas Ganti Oli Motor, Katanya Mending Beli Seblak

Bikin Tepuk Jidat, Ini Alasan Cewek Malas Ganti Oli Motor, Katanya Mending Beli Seblak

Bikin Tepuk Jidat, Ini Alasan Cewek Malas Ganti Oli Motor, Katanya Mending Beli Seblak --

BACA JUGA:Perhatikan 5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis, Sepele Namun Banyak yang Tidak Tahu

2. Takut ditipu

Mendengar cerita orang-orang yang cuma ganti oli berujung dengan pengeluaran hingga jutaan rupiah, tentu membuat takut sebagian perempuan. Sama seperti konsep di alasan pertama. Seseorang yang nggak paham dengan seluk beluk suatu hal, tentu bakal memiliki rasa takut dan kewaspadaan yang berkali lipat dari mereka yang paham hal tersebut. Kurangnya pengetahuan tentang dunia motor, membuat kekhawatiran ganda bagi sebagian perempuan akan ditipu. Hal ini cukup wajar.

Mereka yang niat hati ganti oli motor namun berakhir habis banyak sebenarnya juga nggak paham kenapa biaya ganti oli bisa semahal itu. Sebenarnya bukan ganti olinya yang mahal, hanya saja kebiasaan jarang mengganti oli ini akan menyebabkan banyak kerusakan, sehingga ketika datang ke bengkel dan diperiksa oleh sang montir, tentu sang montir bakalan mendaftar kerusakan yang ada di motor tersebut.

Mereka yang nggak tahu apa-apa, tentu bakalan mengira hal itu cuma siasat tipuan agar bengkelnya laris, padahal yah nggak juga. Sepertinya perempuan atau bahkan semua orang, akan merasa kalau mereka menguasai suatu hal, mereka akan merasa aman, dan rasa aman ini yang akan menimbulkan rasa percaya. Percuma mau bilang ganti oli itu sangat penting pada perempuan yang nggak paham, mereka paling menganggap hal itu hanya konspirasi perdagangan oli.

BACA JUGA:5 Ide Modifikasi Sepeda Motor Paling Populer, Ada Rancangan Tahun 1920

3. Malas pergi ke bengkel

Bengkel selama ini selalu dianggap basecamp laki-laki. Ada banyak montir yang rata-rata laki-laki, selain itu bengkel juga sering dijadikan tempat nongkrong bagi sebagian kaum laki-laki. Untuk bengkel sekelas dealer tentu tak begitu masalah, karena biasanya disediakan ruang tunggu yang cukup nyaman. Tapi kalau bengkel biasa kebanyakan tempatnya kurang ramah untuk perempuan, entah karena tempat duduk terbatas atau banyak asap rokok yang membuat kurang nyaman. Hal itulah yang akhirnya membuat sebagian perempuan malas pergi ke bengkel untuk mengganti oli motor mereka.

Dampak Malas Ganti Oli Motor

Berikut adalah beberapa dampak yang dapat terjadi ketika telat ganti oli motor

1. Peningkatan Gesekan Berlebihan

Oli berfungsi untuk melumasi komponen dalam mesin agar gesekan antara komponen tersebut berkurang. Jika oli sudah kotor dan terdegradasi, pelumasan yang efektif tidak dapat terjadi. Ini berarti mesin akan mengalami gesekan berlebihan, yang dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat pada komponen mesin seperti piston, camshaft, dan bearing.

2. Penyumbatan

Seiring waktu, oli akan mengumpulkan kotoran, endapan, dan partikel-partikel kecil. Jika oli tidak diganti secara berkala, kotoran ini dapat mengendap di berbagai bagian mesin. Ini bisa menyebabkan penyumbatan jalur pelumasan yang kritis, yang pada gilirannya mengganggu peredaran oli dan bisa menyebabkan kerusakan serius pada mesin.

3. Peningkatan Suhu Mesin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: