Iklan dempo dalam berita

Cukup Gunakan 9 Bahan Ini, Masalah Kulkas Berbau akan Teratasi, Simak juga Penyebab Kulkas Berbau

Cukup Gunakan 9 Bahan Ini, Masalah Kulkas Berbau akan Teratasi, Simak juga Penyebab Kulkas Berbau

Penyebab dan 9 bahan untuk mengatasi kulkas berbau--

1. Terlalu lama menyimpan makanan

Ada berbagai jenis makanan yang memiliki masa kadaluwarsa sebentar dan ada juga yang bisa disimpan di kulkas hingga berbulan-bulan. Terlalu lama menyimpan makanan di kulkas, tentu saja akan menyebabkan aroma bau tak sedap karena adanya proses pembusukan yang terjadi pada makanan sehingga kulkas bisa mempercepat pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat membusukkan makanan.

BACA JUGA:Serius, Jangan Simpan 7 Benda Ini Dalam Kulkas, Akibatnya Bahaya

Akibatnya, makanan yang terlalu lama menyimpan di kulkas tentu saja akan ikut terkontaminasi dengan bakteri ataupun jamur yang dapat menimbulkan aroma bau tak sedap. Meski, makanan masih disimpan dalam kulkas, tentu saja bakteri dan jamur masih dapat bertumbuh pada makanan tertentu yang bisa menghasilkan senyawa kimia.

2. Tumpahan Bekas Makanan

Selain terlalu lama menyimpan di kulkas, makanan dan minuman yang tumpah di kulkas juga bisa menimbulkan bau tak sedap. Apalagi. Kulkas yang jarang dibersihkan akan menyebabkan tumpahan makanan dapat terus menempel di bagian rak-rak kulkas. Tumpahan bekas makanan yang menyebabkan bau tak sedap di dalam kulkas biasanya terjadi karena dua hal, yaitu:

Bakteri: Bekas makanan yang tertinggal dalam kulkas dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, terutama jika tidak segera dibersihkan. Bakteri ini dapat memecah bahan makanan yang rusak dan menghasilkan gas berbau tak sedap seperti belerang, asam butirat, dan amonia.

BACA JUGA:Ini Alasannya Dilarang Menyimpan Telur di Rak Pintu Kulkas

Bahan makanan yang rusak: Bahan makanan yang tidak segar atau sudah rusak dapat menjadi sumber bau tak sedap di kulkas. Bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan, atau daging yang sudah melewati tanggal kadaluarsa atau tidak disimpan dengan benar dalam wadah tertutup dapat dengan mudah membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap.

3. Fungsi Kulkas yang sudah mulai rusak

Penyebab lainnya, bisa dilihat dari fungsi kulkas yang sudah mulai rusak. Biasanya, ketika kulkas mulai rusak atau tidak bekerja dengan baik, maka suhu di dalamnya tidak bisa lagi dijaga konsisten dan stabil.

Hal ini dapat menyebabkan makanan yang disimpan di dalamnya menjadi tidak segar dan cepat membusuk dari biasanya. Bakteri dan jamur yang tumbuh pada makanan akan membusuk sehingga menghasilkan bau tak sedap dan menyebar pada seluruh bagian kulkas. 

Selain itu, ketika fungsi kulkas tidak bekerja dengan baik bisa dilihat kemungkinan terbesar terjadi kebocoran atau kerusakan pada saluran pembuangan air di bagian belakang kulkas.

BACA JUGA:Ini Alasannya Dilarang Menyimpan Telur di Rak Pintu Kulkas

Bau tak sedap yang dihasilkan oleh kulkas yang rusak tentu saja dapat menyebar ke makanan lain yang disimpan dalam dan dapat mengubah rasa ataupun aroma dari makanan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbaiki kulkas yang rusak atau menggantinya jika diperlukan agar makanan tetap terjaga kesegarannya dan aman untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: