Iklan dempo dalam berita

Cara Alami Cegah Gigi Berlubang, Salah Satunya Mengunyah Permen Karet Tanpa Gula

Cara Alami Cegah Gigi Berlubang, Salah Satunya Mengunyah Permen Karet Tanpa Gula

--

4. Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi

Ada makanan yang merusak gigi, ada juga yang baik untuk gigi. Makanan seperti buah dan sayuran, baik untuk merangsang keluarnya air liur sehingga gigi lebih terlindungi dari bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, air putih dan permen karet bebas gula juga bisa membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

BACA JUGA:Kesempatan Terbaik, Pertamina Buka Lowongan Kerja, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

5. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Saat menyikat gigi, ingatlah untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride memiliki peran penting untuk mencegah gigi berlubang. Dalam prosesnya, fluoride membantu mencegah gigi kehilangan mineral di lapisan email, dan dapat mengganti mineral yang hilang. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.

6. Rutin gunakan obat kumur

Selain menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride juga dapat bantu mencegah gigi berlubang. Selain itu, menggunakan obat kumur juga akan membantu membersihkan sisa makanan yang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi.

BACA JUGA:Kusen atau Pintu dari Kayu Rawan Dimakan Rayap, Begini Cara Mencegahnya

7. Gunakan benang gigi

Benang gigi atau dental floss merupakan alat yang sangat berguna untuk membersihkan sela-sela gigi. Metode ini penting dilakukan sebab sisa makanan yang menyangkut bisa menjadi makanan bakteri penyebab gigi berlubang.

Cara mencegah gigi berlubang lewat tindakan medis

Memeriksakan diri ke dokter setidaknya setiap enam bulan sekali merupakan salah satu cara untuk mencegah kerusakan gigi, termasuk gigi berlubang. Ketika kunjungan, dokter akan memeriksa kondisi rongga mulut Anda dan memberikan beberapa perawatan untuk mencegah gigi berlubang, seperti:

1. Fissure sealant

Fissure adalah permukaan kunyah gigi geraham sedangkan sealant adalah lapisan pelindung. Metode fissure sealant adalah mengoleskan bahan khusus berbahan resin ke permukaan kunyah gigi belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: