Iklan dempo dalam berita

Bernilai Ratusan Miliar, Berikut Kegunaan Cangkang Sawit. Diantaranya untuk Pengganti Aspal

Bernilai Ratusan Miliar, Berikut Kegunaan Cangkang Sawit. Diantaranya untuk Pengganti Aspal

Bernilai Ratusan Miliar, Berikut Kegunaan Cangkang Sawit. Diantaranya untuk Pengganti Aspal--

JAKARTA, BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Para investor baik dalam maupun luar negeri mulai melirik potensi cangkang sawit Provinsi Bengkulu. Buktinya, Negara Jepang pun membeli cangkang sawit dari Bengkulu.

BACA JUGA:UMKM Disiapkan Pinjaman KUR Rp 36,5 triliun, Ini Sektor yang Diprioritaskan

Bulan depan 10 ribu ton cangkang sawit Bengkulu akan dikirim ke Jepang. Sebelumnya beberapa waktu lalu, cangkang sawit Bengkulu juga dikirim ke Thailand. Khusus untuk Jepang, tahun ini proyek nilai ekspor ke negara tersebut mencapai Rp 359 miliar. Tentu saja bukan jumlah yang sedikit.

Dikutip dari cangkangsawit.id, cangkang sawit atau tempurung buah kelapa sawit memiliki kandungan ash content (kadar abu) yang minim sekitar 2-3 persen. Kemudian intensitas kadar air yang lembab (moisture in Analysis) sebesar 7-8 persen. Mengandung pula Karbon Aktif sekitar murni (fixed carbon) dengan banyak intensitas 20-22 persen. Serta kuantitas volatile matter (kadar penguapan) yang dapat dikategorikan lumayan tinggi, berkisar 69-70 persen. 

BACA JUGA:Waspada, Pelaku Penganiayaan Gadis Kaur Masih Berkeliaran Bawa Parang

Dengan berbagai kandungan tersebut, cangkang sawit bisa digunakan untuk banyak hal. Berikut kegunaan dari cangkang sawit.

Bahan Baku Arang

Limbah cangkang Sawit, pertama dapat dijadikan sebagai bahan baku arang. Atau yang lebih populer dengan istilah charcoal. Arang yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit ini memiliki kualitas tinggi. Karena tempurung sawit memiliki kandungan zat lignoselulosa. 

BACA JUGA:Rp 560 Juta Dana Desa Habis Untuk Judi Sabung Ayam, Begini Nasib Mantan Kades Lubuk Tanjung

Kelebihan lain beratnya yang dapat mencapai 1,4 gram/ml. Serta energi panas yang dihasilkan dari pembakaran arang lebih besar, yakni 20.093 kJ/Kg. Perbedaan yang sangat mencolok ini, akan sangat ketara apabila dibandingkan dengan arang yang berbahan dasar dari kayu ataupun tempurung kelapa biasa.

BACA JUGA:Banyak Saksi Samisake Mangkir, Ini Sikap Jaksa

Bahan Bakar Boiler

Cangkang sawit juga berguna sebagai bahan bakar boiler. Yakni mengubah limbah menjadi uap yang dapat menggerakan mesin turbin. Selain itu, berfungsi pula untuk mengoperasikan semua mesin yang berbasis uap. 

Alasan mengapa tempurung sawit ini digunakan sebagai salah satu bahan bakar alternatif ialah karena barangnya yang berupa limbah bersifat gratis. Selain itu, tekanan api yang dihasilkan juga lebih memiliki tingkat daya panas yang maksimal dan lebih besar. Salah satu bahan bakar alternatif yang dapat menghemat persediaan minyak bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: