Iklan dempo dalam berita

Ramai Cawapres Gibran Salah Sebut, Ini Perbedaan Asam Sulfat dan Folat, Nama Mirip tapi Fungsinya Beda Jauh

Ramai Cawapres Gibran Salah Sebut, Ini Perbedaan Asam Sulfat dan Folat, Nama Mirip tapi Fungsinya Beda Jauh

Beberapa sayuran dan buah yang mengandung asam folat--

Bawang merah mengandung gas propanethial S-oxide yang dapat menghasilkan air mata ketika mengenai organ penglihatan. Gas tersebut berubah menjadi asam sulfat saat terpapar lapisan air yang melindungi bola mata.

Pertolongan Pertama Bila Terpapar Asam Sulfat

Asam sulfat memiliki sifat korosif dan berbahaya apabila bersentuhan dengan kulit atau mata. Jika terjadi kontak atau paparan langsung dengan mata maka kornea akan menjadi buram dan adanya risiko perforasi okular.

Untuk itu saat terjadi kontak langsung dengan asam sulfat dan menimbulkan reaksi, maka perlu adanya pertolongan pertama untuk mengantisipasinya. Bagian tubuh yang terkena asam sulfat dapat dibasuh dengan air dengan standar 60 liter per menit, dilakukan selama 15 menit.

BACA JUGA:Ramalan 12 Zodiak Menurut Horoskop di Tahun 2024, Zodiak Kamu Apa?

Volume air tersebut akan cukup untuk menghilangkan bahan kimia dan mencairkannya. Air yang banyak akan membantu menahan efek panas yang muncul.

Paparan asam sulfat juga bisa diatasi dengan pemberian bahan basa kuat seperti natrium hidroksida (NaOH) alias soda api, kapur dan soda kue dalam jumlah yang banyak. Reaksi tersebut akan menghasilkan garam dan asam lemah yang tidak berbahaya.

Asam Folat

Asam folat adalah bentuk sintetik dari vitamin B9 yang larut dalam air. Vitamin B9 juga dikenal sebagai folat atau folasin. Kandungannya dapat ditemukan di susu.

Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, mendukung daya tahan tubuh, dan menunjang proses tumbuh kembang janin.

Manfaat asam folat bagi ibu hamil adalah mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect), seperti anensefali (janin tidak memiliki otak) dan spina bifida (janin tidak memiliki sumsum tulang belakang).

Selain itu, asam folat juga mencegah anemia defisiensi folat, yaitu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat.

BACA JUGA:Kemunculan Dajjal dan 5 Pengikutnya, Ternyata Tanda-tanda Datang Hari Kiamat

Adapun asam folat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin, membantu pembentukan plasenta, membantu mencegah preeklamsia, yaitu kondisi serius yang dapat terjadi pada kehamilan.

Sumber asam folat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: