Iklan dempo dalam berita

Punya Buah-buahan yang Belum Matang? Berikut Tips Dan Trick Pemeraman Supaya Buah Matang dengan Sempurna

Punya Buah-buahan yang Belum Matang?  Berikut Tips Dan Trick Pemeraman Supaya Buah Matang dengan Sempurna

Berikut Tips Dan Trick Pemeraman Supaya Buah Matang dengan Sempurna--Foto ilustrasi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ketika kita membeli buah segar, sering kali kita ingin segera menikmatinya saat buah-buah tersebut matang. Namun sayangnya, kita terkadang tidak terlalu memperhatikannya sehingga Ketika sampai dirumah, kita baru menyadari bahwa buah yang kita beli belum matang sempurna. 

BACA JUGA:Punya Rasa Manis yang Menyegarkan, Berikut 2 Tips Dan Trick Pemeraman Agar Nanas Cepat Matang

Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa trik yang dapat anda coba dirumah dengan mudah dan aman, agar buah yang anda beli dapat matang dengan sempurna. Lalu tips apa saja yang dapat anda coba? Dalam artikel ini akan memberikan tips dan trik tentang cara membuat buah matang dengan lebih cepat. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Penyimpanan yang Tepat 

Salah satu faktor penting untuk mempercepat pematangan buah adalah dengan menyimpannya pada suhu dan kondisi tertentu dengan tepat. Beberapa buah seperti pisang dan tomat bisa matang lebih cepat apabila disimpan pada suhu ruangan. 

Anda juga dapat menempatkannya buah ini kedalam kantung kertas atau kantung plastik bersama dengan buah-buahan lain yang, seperti apel atau alpukat. Hal ini akan membantu buah-buahan tersebut untuk saling membantu proses pematangan satu sama lain.

2. Pemanasan 

Pemanasan buah adalah metode lain yang dapat mempercepat proses pematangan. Beberapa buah bisa diletakkan di dekat sumber panas seperti oven atau kompor, tetapi pastikan jaraknya aman agar buah anda tidak terbakar. Pemanasan ini akan merangsang pelepasan gas etilen yang terkandung didalam buah, yang berfungsi sebagai gas yang membantu mematangkan buah. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua buah cocok untuk metode ini, sehingga anda perlu hati hati dalam memilih jenis buah yang akan anda panaskan.

3. Menggunakan Buah Lainnya 

Salah satu cara tercepat yang dapat anda lakukan untuk mematangkan buah adalah dengan menggunakan buah lainnya. Beberapa buah seperti apel atau pisang dapat menghasilkan gas etilen yang dapat membantu mempercepat pematangan buah-buahan disekitarnya. 

Tempatkan buah matang di sebelah buah yang ingin dimatangkan dan biarkan prosesnya berlangsung. Komposisi gas etilen yang dikeluarkan oleh buah matang akan merangsang pematangan buah lainnya dengan lebih cepat.

4. Gunakan Kertas 

Metode lain yang bisa Anda coba adalah dengan membungkus buah yang belum matang dalam kertas atau koran. Kertas atau koran ini akan membantu menyerap kelembapan dari buah yang belum matang, sehingga memberikan lingkungan yang ideal untuk mereka untuk matang secara alami.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu meletakkan buah yang belum matang kedalam lapisan kertas koran yang cukup tebal, lalu simpan disebuah tempat. Jangan lupa untuk selalu memeriksa secara teratur untuk memastikan kondisi buah masih baik dan tidak mengalami kebusukan. Dengan cara ini, buah akan lebih cepat matang dan dapat Anda nikmati dalam waktu yang lebih singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: