Iklan dempo dalam berita

Tol Bengkulu Canggih Belah Perut Bumi, Ini Daftar Tol yang Dibangun Tak Biasa

Tol Bengkulu Canggih Belah Perut Bumi, Ini Daftar Tol yang Dibangun Tak Biasa

Tol Bengkulu Canggih Belah Perut Bumi, Ini Daftar Tol yang Dibangun Tak Biasa --

Terowongan Tol Kembar Pertama RI

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu akan memiliki tol terowongan kembar pertama di Indonesia. Tol ini juga merupakan tol pertama yang punya terowongan.

Melansir keterangan BPJT, letak terowongan ini berada di tol Cisumdawu yang berada di wilayah Jawa Barat. Tepatnya berada di seksi II ruas Rancakalong-Sumedang, yakni di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Simpan 11 Paket Ganja, Karyawan Swasta Diterkam Macan Jupi

Terowongan kembar yang ada di tol ini memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Karena terletak di pegunungan dan kontur yang berkelok tol ini diklaim sebagai tol terindah di Indonesia.

Secara penuh paling tidak tol ini baru beroperasi pada Agustus 2022 mendatang.

BACA JUGA:Harga Terbaru TBS Bengkulu Hingga 31 Januari. Tingkat Petani Lebih Tinggi

Ruas tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi pembangunan. Untuk Seksi 1 dari Cileunyi - Rancakalong (11 km) sudah beroperasi dari awal 2022 lalu, Sementara seksi 2 dari Rancakalong - Sumedang (17 km), Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4 km), seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 km) masih menunggu penyelesaian konstruksi.

Sementara untuk seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan dan Junction Dawuan (6,07km) diprediksi dalam waktu dekat akan beroperasi. Karena progress konstruksi sudah mencapai 99%.

BACA JUGA:Soal OTT, Kades kok Mau Nyetor Uang Puluhan Juta, Kenapa?

Terowongan Tol Tembus Bukit Barisan di Sumatera

Tol Padang-Pekanbaru dan Tol Palembang-Bengkulu juga sama sama direncanakan menggunakan terowongan untuk menembus bukit barisan di Sumatera.

"Kalau tol Trans Sumatera dari Bengkulu ke Palembang dan Padang ke Pekanbaru, itu pasti lewat bukit Barisan," kata Basuki di Kantornya.

Biaya investasi pembangunan tol ini cukup tinggi mencapai Rp 78 triliun, disamping panjang jalan yang mencapai 244 kilometer, tol ini juga harus dibangun lima terowongan dengan total panjang mencapai 8,95 kilometer, untuk menembus pegunungan Bukit Barisan.

BACA JUGA:Arahan Kapolda Bengkulu: Sikat Pungli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: