Iklan dempo dalam berita

6 Ciri-ciri Binatang Akhir Zaman Bernama Dabbah Muncul sebagai Pertanda Kiamat akan Datang

6 Ciri-ciri Binatang Akhir Zaman Bernama Dabbah Muncul sebagai Pertanda Kiamat akan Datang

6 Ciri-ciri Binatang Akhir Zaman Bernama Dabbah sebagai Pertanda Kiamat akan Datang--

3. Masuk Kategori Reptil

Dalam Surat An-Naml ayat 82, terdapat penjelasan mengenai karakteristik dan bentuk Dabbah yang akan muncul menjelang hari kiamat. Meskipun tidak ada bentuk konkret yang dapat dibuktikan, ayat tersebut memberikan gambaran Dabbah al-Ardh merupakan hewan melata atau reptil, yang berbeda dengan makhluk-makhluk normal pada umumnya.

Reptil merupakan kelompok hewan vertebrata berdarah dingin yang memiliki sisik sebagai penutup tubuh. Tubuh reptil dilindungi oleh sisik yang terbentuk dari keratin, baik berbentuk rata maupun berduri. Sisik tersebut memiliki fungsi penting, yaitu mengatur sirkulasi air untuk mencegah dehidrasi ketika reptil berada jauh dari perairan.

Demikian, meskipun bentuk sebenarnya dari Dabbah belum dapat dipastikan, ayat tersebut menggambarkan bahwa Dabbah al-Ardh memiliki karakteristik yang mirip dengan reptil. Ini sejenis hewan melata yang memiliki tubuh tertutup oleh sisik sebagai perlindungan.

4. Berbulu Halus dan Panjang Kakinya 60 Hasta

Hewan Dabbah tersebut memiliki bulu yang halus, memiliki kaki, dan memiliki panjang sekitar 60 hasta. Ciri-ciri ini memberikan gambaran fisik tentang bagaimana Dabbah terlihat. Selain itu, dalam pandangan Abdullah bin Ibnu Umar RA, Dabbah disebut sebagai al-Jasasah. Pendapat ini memberikan nama khusus untuk hewan tersebut dan menambahkan dimensi keidentikan dalam mengenali Dabbah di masa depan.

5. Memiliki Semua Warna

Dalam buku berjudul Tanda Kiamat Besar, Ibnu Abbas mengungkapkan Dabbah memiliki semua warna hewan yang ada dan mempunyai karakteristik yang mencakup karakter setiap umat. Salah satu karakteristiknya adalah kemampuannya berbicara dengan bahasa Arab yang fasih. 

Itu artinya, Dabbah dapat berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa yang mereka pahami, seperti yang diterjemahkan oleh Mahir Ahmad Ash Syufiy.

6. Kepala, Mata, Telinga, Tanduk, Dada, dan Warnanya Berbeda

Dalam riwayat dari Ibnu Juraij, bentuk fisik Dabbah adalah kepalanya menyerupai kepala banteng, matanya menyerupai mata babi, telinganya menyerupai telinga gajah, tanduknya menyerupai tanduk rusa, dadanya menyerupai dada singa, warnanya menyerupai warna harimau, kukunya menyerupai kuku sapi betina, ekornya menyerupai ekor domba, dan telapak kakinya menyerupai telapak unta.

BACA JUGA:Tanda Kiamat Sugra, Salah Satunya Banyak Bencana Alam di Muka Bumi

Untuk menghadapi hari akhir atau kiamat, maka perlu adanya persiapkan sebagai bekal menghadapinya. Sejatinya hanya amal perbuatan yang akan dibawa ketika seseorang sudah meninggal.

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: