Iklan dempo dalam berita

Kok Bisa Kaki Beraroma Tidak Sedap? Berikut Sebab dan Cara Mengatasinya, Dianjurkan Pilih Kaos Kaki Ini

Kok Bisa Kaki Beraroma Tidak Sedap? Berikut Sebab dan Cara Mengatasinya, Dianjurkan Pilih Kaos Kaki Ini

Penyebab dan cara mengatasi kaki bau--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kelenjar keringat pada kaki salah satu yang paling melimpah di antara bagian tubuh lainnya. Fungsinya untuk membantu mengatur suhu tubuh dan menjaga kelembapan kulit. 

Namun, jika keringat tidak segera menguap atau terjebak di antara jari-jari kaki atau di dalam sepatu yang tertutup, hal tersebut dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri. 

Akibatnya, bakteri tersebut memecah keringat menjadi asam lemak yang kemudian menghasilkan bau yang kurang sedap, yakni bau kaki.

BACA JUGA:Xiaomi Redmi Note 13 Pro Max Lebih Unggul dari Honor X7b? Begini Perbandingan Keduanya

Bau kaki adalah aroma yang sering muncul dari kaki, di bagian sol sepatu dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak, yang kemudian menghasilkan bau yang tidak sedap. 

Untuk mendalami lebih lanjut tentang alasan di balik bau tak sedap pada kaki, ada beberapa penjelasan yang bisa menjadi poin yang perlu dipahami. Bau kaki seringkali muncul pada individu yang secara rutin mengenakan sepatu dan kaus kaki tertutup sepanjang hari, yang menyebabkan kelembapan pada kaki. 

Faktor lain yang berkontribusi adalah kurangnya kebiasaan mengganti sepatu dan kaus kaki, serta kebersihan kaki yang tidak terjaga.

Selain faktor-faktor tersebut, ada kondisi atau situasi lain yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya bau kaki, di antaranya:

BACA JUGA:Selamat! 3 Bansos Dibagikan Sekaligus Akhir Desember 2023 Ini, Simak Syarat untuk Dapat

1. Tingkat stres yang tinggi bisa meningkatkan produksi keringat pada kaki, menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri dan menyebabkan bau tidak sedap.

2. Aktivitas olahraga atau hiperhidrosis, yang merupakan kondisi berkeringat berlebihan, bisa menyebabkan kelembapan berlebih pada kaki yang juga memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau.

3. Perubahan hormonal pada remaja dan wanita hamil dapat memengaruhi keringat tubuh, meningkatkan kelembapan pada kaki, dan berkontribusi pada bau tak sedap.

4. Beberapa jenis obat memiliki efek samping seperti peningkatan keringat, yang dapat memperburuk masalah bau kaki karena kelembapan yang berlebihan.

BACA JUGA:Daripada Keluar Uang Banyak, Begini Cara Merawat AC Mobil agar Tetap Awet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: