Iklan RBTV Dalam Berita

Buat Para Pecandu Kopi, Ikuti 10 Pola Berikut Biar Hobi Ngopi Anda Tetap Baik untuk Kesehatan Tubuh

Buat Para Pecandu Kopi, Ikuti 10 Pola Berikut Biar Hobi Ngopi Anda Tetap Baik untuk Kesehatan Tubuh

Cara untuk membuat kopi agar menjadi lebih sehat saat diminum--

Kakao kaya akan antioksidan yang sering dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung. Cobalah untuk menambahkan sejumput bubuk kakao ke kopi untuk menambah rasa. Selain itu, bubuk kakao juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti gula pada minuman kopi.  

5. Pilih Kopi yang Kadar Asamnya Rendah

Tidak hanya memiliki rasa pahit saja, dalam kopi juga terdapat kadar keasaman yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis biji kopi yang digunakan. Kadar keasaman ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya asam lambung.

Ketika asam lambung meningkat, maka akan timbul rasa tidak nyaman dan gangguan pencernaan. Biasanya kadar keasaman pada kopi ini akan sangat berpengaruh bagi orang-orang yang sensitif terhadap makanan dan minuman.

Maka dari itu, ahli gizi menyarankan untuk memilih kopi yang lebih rendah kadar keasamannya, bagi mereka yang memiliki pencernaan sensitif. Kopi dengan kadar keasaman yang rendah akan lebih terasa lembut dan tidak pahit sehingga aman untuk pencernaan.

BACA JUGA:Coba Siapkan 5 Hal Berikut, Termasuk Menu Minuman dan Camilannya, Supaya Arisan di Rumah Anda Berkesan

6. Seduh kopi menggunakan filter kertas

Kopi seduh mengandung kafestol, suatu diterpene yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kendati demikian, kurangi levelnya dengan menggunakan cara sederhana, yaitu cukup menggunakan filter kertas. Menyeduh kopi dengan filter kertas secara efektif dapat menurunkan jumlah kafestol.

7. Kurangi Perisa Tambahan

Selain dari kandungan kafeinnya, kopi yang berdampak buruk bagi lambung juga bisa disebabkan oleh bahan pelengkap lainnya, seperti krim dan pemanis. Menurut ahli, pemanis ini dapat menyebabkan perut menjadi lebih kembung dan efek inflamasi pada tubuh secara umum.

Hal ini dikarenakan pemanis yang dikonsumsi tubuh dicerna lebih lama sehingga perut akan memproduksi asam lambung yang lebih banyak. Ahli gizi lebih menyarankan untuk mengkonsumsi kopi secara murni tanpa pemanis apapun.

BACA JUGA:16 Makanan dan Minuman Rekomendasi Aman untuk Turunkan Kadar Kolesterol

8. Berhenti minum kafein setelah jam 2 siang

Batasi waktu minum kopi sejak pukul 2 siang, kopi adalah salah satu sumber kafein alami. Kafein adalah stimulan yang dapat memberikan berbagai manfaat pada tubuh, seperti memberikan tambahan energi dan membantu agar tetap terjaga saat merasa lelah.

Namun, hindari minum kopi di waktu sore hari, karena dapat mengganggu waktu tidur. Dan kebiasaan tidur yang buruk dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: