Iklan dempo dalam berita

14 Jajanan Khas Tradisional Berbahan Dasar Kelapa yang Punya Cita Rasa Tak Tertandingi

14  Jajanan Khas Tradisional  Berbahan Dasar Kelapa yang Punya Cita Rasa Tak Tertandingi

Kreasi makanan olahan kelapa paling banyak ditemukan dalam wujud jajanan--

Tak hanya dicampur dengan minuman atau dibuat dessert, daging kelapa muda juga bisa dijadikan gorengan. Dikenal dengan nama prol degan, makanan bercita rasa gurih ini cocok jadi camilan pendamping minum teh atau kopi.

5. Dange

Dange adalah makanan dari kelapa khas masyarakat Bugis yang cara masaknya dikukus dan ada yang dibakar seperti wingko babat. Kudapan ini terbuat dari campuran tepung ketan hitam, gula merah, dan kelapa parut. Rasa gurih bertemu dengan manis dari gula merah yang meleleh di mulut. Sering kali dange ada di setiap acara keluarga atau acara besar warga Makassar.

BACA JUGA:Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Kelapa Muda dan Khasiat Akar Kelapa untuk Kaum Pria

6. Kue lumpur

Teksturnya lembut dan rasanya gurih, kue lumpur menjadi salah satu jajanan pasar yang disukai banyak orang. Kue ini juga memiliki banyak variasi rasa dan warna, salah satuya kue lumpur kelapa muda. Dagingnya bisa dicampur ke dalam adonan sekaligus dijadikan topping agar lebih menarik.

7. Putu

Kue putu adalah makanan olahan kelapa yang mana kelapa parutnya ada dalam bahan campuran sekaligus condiment taburan. Kue ini tergolong jajanan tradisional unik karena cara masaknya yang dikukus dalam batang bambu seukuran jari orang dewasa. Alasannya adalah agar putu lebih harum, empuk, dan gurih. 

Bahan dasar untuk membuat putu adalah tepung ketan, kelapa parut, dan sedikit garam. Adonan putu selanjutnya dimasukkan ke dalam batang bambu hingga setengah penuh, lalu tambahkan potongan gula merah, lalu batang bambu diisi kembali dengan adonan beras ketan.

BACA JUGA:8 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Kelapa Pandan Wangi, Penyakit Nomor 6 Tidak Perlu Operasi

8. Bolu tape kelapa muda

Bolu tape kelapa muda merupakan salah satu kreasi dari kue bolu. Sesuai dengan namanya, kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, tape singkong, daging kelapa muda, margarin, gula, susu, dan sebagainya. 

9. Talam tako kelapa muda

Kue talam dikenal memiliki cita rasa yang gurih dan teksturnya sangat lembut. Kue ini pun memiliki banyak variasi tergantung bahan yang ditambahkan, salah satunya talam tako kelapa muda.

BACA JUGA:Bukan Aneh, Ternyata Air Kelapa yang Dibakar memang Bermanfaat untuk Tubuh, Apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: