Iklan dempo dalam berita

Ini Bocoran Aturan Terbaru Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF, Ada juga Soal Sanksi BUJT Melanggar SPM

Ini Bocoran Aturan Terbaru Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF, Ada juga Soal Sanksi BUJT Melanggar SPM

Aturan bayar tol sistem MLFF--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pemerintah sangat serius untuk menerapkan sistem pembayaran tol tanpa harus berhenti. Ini bocoran aturan terbaru sistem bayar tol tanpa berhenti MLFF, ada juga soal sanksi BUJT melanggar SPM. 

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Zainal Fatah menyampaikan bahwa Kementerian PUPR saat ini tengah merampungkan Revisi Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai jalan tol.

Regulasi ini nantinya akan menjadi landasan untuk penerapan sistem transaksi jalan tol nir sentuh alias Multi Lane Free Flow (MLFF). Penerapan sistem transaksi teranyar ini baru bisa dilakukan ketika RPP sudah diterbitkan.

BACA JUGA:Mau Punya Mobil Mitsubishi Xpander? Ini Review Spesifikasi dan Angsuran Kreditnya

Lebih jauh lagi, Zainal Fatah juga menjelaskan bahwa saat ini RPP tersebut sudah ada di meja Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) setelah melalui proses harmonisasi antar Kementerian. Selanjutnya Kemensetneg akan melanjutkan ke Presiden untuk mendapatkan persetujuan.

Bukan hanya untuk mengatur sistem transaksi baru, RPP itu juga dijelaskan Zainal Fatah, juga akan mengatur soal sanksi bagi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) apabila tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Sehingga pemenuhan SPM tidak hanya berdampak pada penyesuaian tarif, namun ada sanksi lain yang diatur oleh Pemerintah.

BACA JUGA:Bayar Tol Tanpa Berhenti Sering Dikeluhkan Pengendara, Ini Kelebihan Sistem Pembayaran MLFF

Sementara itu, MLFF adalah sistem pembayaran tol yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara non-tunai tanpa perlu menyentuh kartu.

Sistem ini secara otomatis akan menentukan besaran tarif berdasarkan prinsip permintaan dan penawaran. Selain itu, penggunaannya pun dapat dilakukan dengan menggunakan sistem pembayaran terintegrasi. 

Sistem MLFF dirancang untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas dan menyediakan metode pembayaran tol yang lebih nyaman.

BACA JUGA:Bunga 1 Persen, Ini Cara Pengajuan Kredit Rp 15 Juta BRI 2024 Non KUR Cair Hitungan Hari

Fungsi MLFF adalah sistem pembayaran tol yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran non tunai tanpa perlu menempelkan kartu. 

Berikut fungsi MLFF:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: