Iklan dempo dalam berita

Viral di Tiktok Menjadi Menantu Idaman, Ini 7 Tips dan 9 Makanan Menjaga Stamina Petugas KPPS Tugas di TPS

Viral di Tiktok Menjadi Menantu Idaman, Ini 7 Tips dan 9 Makanan Menjaga Stamina Petugas KPPS Tugas di TPS

7 Tips dan 9 Makanan Menjaga Stamina Petugas KPPS Tugas di TPS--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Viral di tiktok menjadi menantu idaman, ini 7 tips dan 9 makanan menjaga stamina petugas KPPS tugas di TPS nanti.

Sedang viral-viralnya saat ini di salah satu sosial media Tiktok, mengenai beberapa guyonan tentang peserta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

BACA JUGA:Strategi Meringankan Beban Kerja Bagi Anggota KPPS saat Penghitungan Suara, Usia dan Kesehatan jadi Penentu

Seperti yang diketahui KPPS adalah kelompok yang dibentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melaksanakan pemungutan suara ditempat pemungutan suara (TPS).

Pasal 28 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022 disebutkan, keanggotaan KPPS di TPS berjumlah tujuh orang yang terdiri dari satu orang ketua merangkap anggota dan enam orang anggota. Komposisi keanggotaan minimal 30% adalah perempuan.

BACA JUGA:Tips dan Hal Apa Saja yang Perlu Disiapkan Calon Anggota KPPS di TPS untuk Menghadapi Pemilu

Dalam pelaksanaannya, KPPS memiliki tugas dan kewajiban yang diatur dalam Pasal 30 PKPU Nomor 8 Tahun 2022, yang tertulis:

  1. Mengumumkan daftar pemilih tetap di TPS
  2. Menyerahkan daftar pemilih tetap kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan pengawas TPS dan dalam hal peserta Pemilu tidak memiliki saksi, daftar pemilih tetap diserahkan kepada peserta Pemilu
  3. Melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS
  4. Membuat berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilu, Pengawas TPS, PPS, dan PPK melalui PPS
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan
  6. Menyampaikan surat pemberitahuan kepada pemilih sesuai dengan daftar pemilih tetap untuk menggunakan hak pilihnya di TPS
  7. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

BACA JUGA:Selain Gaji Naik Dua kali Lipat, KPPS Pemilu 2024 juga Mendapat Fasilitas Lain, Apa Itu?

Mengemban beberapa tugas diatas, tentunya perlu adanya persiapan fisik untuk tim KPPS agar tidak mengalami penurunan kesehatan ketika hari pemilihan nantinya.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh agar bisa fit seharian melakukan kegiatan diluar rumah terkhusus untuk tim KPPS:

1. Mencukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur menjadi langkah pertama dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Jika waktu tidur tidak cukup, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Waktu tidur yang cukup mampu menyembuhkan, memperbaiki, dan menjaga kesehatan tubuh dan seluruh organ di dalamnya.

Nah, untuk anggota KPPS, bisa memulai mengatur jadwal tidur yang cukup mulai dari sekarang agar bisa tetap fit saat melaksanakan tugasnya di hari H nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: