Iklan dempo dalam berita

Perjanjian Sabda Palon atau Perjanjian Mbah Semar dan Syekh Subakir, Awal Mulanya Islam Masuk Tanah Jawa

Perjanjian Sabda Palon atau Perjanjian Mbah Semar dan Syekh Subakir, Awal Mulanya Islam Masuk Tanah Jawa

Perjanjian Sabda Palon--

Kegegeran di dunia gaib pun mengusik ketenangan Ki Semar Badrayana, sang danyang tanah Jawa, yang selama ribuan tahun khusyuk bertapa.

BACA JUGA:Berikut Rekomendasi Hp Rp 2 Jutaan Ram 8GB, Simak Spisifikasinya di Sini

Selanjutnya terjadilah adu kekuatan antara Syekh Subakir dengan Ki Semar selama 40 hari 40 malam. 

Sebab sama-sama kuatnya, akhirnya Ki Semar menawarkan sebuah perundingan kepada Syekh Subakir yang mana menghasilkan sebuah perjanjian yang terkenal dengan sebutan perjanjian Sabda Palon.

Syekh Subakir menyampaikan maksud kedatangan beliau ke tanah Jawa guna menyebarkan ajaran Islam. Agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad sebagai pamungkas agama samawi.

Kemudian Ki Semar pun memperbolehkan Syekh Subakir untuk menyebarkan agama Islam di tanah yang ia lindungi. Namun, dengan beberapa syarat.

Dibawah ini adalah dialog antara Sabdopalon dengan Syeh Subakir yang terjadi di atas Gunung Tidar, dialog ini dikutip dari berbagai sumber.

Perlu untuk dipahami bahwa dialog yang penulis turunkan ini adalah dialog versi imaginer yang penulis olah dari hikayat tersebut dengan bahasa penulis sendiri.

BACA JUGA:KUR BCA 2024 Pinjaman Rp 50 Juta Syarat Mudah, Cicilan Ringan dan Bisa Bayar Sampai 5 Tahun

Syeh Subakir: Kisanak, siapakah kisanak ini, tolong jelaskan.

Sabdopalon: Aku ini Sabdopalon, pamomong (penggembala) Tanah Jawa sejak jaman dahulu kala. Bahkan sejak jaman kadewatan (para dewa) akulah pamomong para kesatria leluhur. Dulu aku dikenali sebagai Sang Hyang Ismoyo Jati, lalu dikenal sebagai Ki Lurah Semar Bodronoyo dan sekarang jaman Majapahit ini namaku dikenal sebagai Sabdopalon.

Syeh Subakir: Oh, berarti Kisanak ini adalah Danyang (Penguasa) Tanah Jawa ini. Perkenalkan Kisanak, namaku adalah Syeh Subakir berasal dari Tanah Syam Persia.

Sabdopalon: Ada hajad apa gerangan Jengandiko (Anda) rawuh (datang) di Tanah Jawa ini?

Syeh Subakir: Saya diutus oleh Sultan Muhammad yang bertahta di Negeri Istambul untuk datang ke Tanah Jawa ini. Saya tiadalah datang sendiri. Kami datang dengan beberapa kawan yang sama-sama diutus oleh Baginda Sultan.

BACA JUGA:Ga Perlu Dp Besar Buat Bawa Pulang Motor Baru, Begini Syarat Kredit Motor Honda Beat Dp 500 Ribu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: