Iklan dempo dalam berita

Waspada! Ini Daftar Lokasi Rawan Macet dan Kecelakaan Jalur Pantura Selama Mudik Lebaran 2024

Waspada! Ini Daftar Lokasi Rawan Macet dan Kecelakaan Jalur Pantura Selama Mudik Lebaran 2024

Waspada! Ini Daftar Lokasi Rawan Macet dan Kecelakaan Jalur Pantura Selama Mudik Lebaran 2024--

BACA JUGA:Mudik Pakai Mobil Listrik Lebih Hemat, Ini Daftar Lokasi SPKLU Tol Trans Jawa, Mudik Tak Perlu Khawatir

Banjir, baik yang disebabkan oleh rob maupun intensitas hujan, menimbulkan kekhawatiran terutama di sejumlah titik seperti Wiradesa-Tirto di Kabupaten Pekalongan, Dalam Kota Pekalongan, Alun-alun Kendal, Mangkang-Tambakaji, Kaligawe-Genuk di Kota Semarang, Sayung-Onggorawe di Demak, Lingkar Kudus, Juwono-Batangan di Pati, dan Mintreng-Godong di Grobogan. Banjir dapat menyebabkan genangan air di jalan, menutup akses, dan mengganggu kelancaran perjalanan.

BACA JUGA:Mudik Pakai Mobil Listrik Ngga Usah Bingung Isi Baterai, Ini Daftar Lokasi SPKLU Tol Trans Sumatera untuk Mudi

Di sisi lain, ancaman longsor cenderung terjadi di wilayah perbukitan, khususnya di ruas jalan Semarang-Yogyakarta di Jambu, Pingit, dan Bedono.

Longsor dapat merusak jalan, menyebabkan tumbangnya pohon, dan membahayakan pengguna jalan. Oleh karena itu, perlu kewaspadaan ekstra saat melintasi daerah-daerah perbukitan ini, terutama saat kondisi cuaca tidak menentu.

BACA JUGA:Kabar Bahagia untuk Pemudik, Catat Ini Daftar 4 Tol Fungsional Dibuka Gratis Selama Lebaran 2024

Selain itu, rawan kecelakaan juga menjadi perhatian, dengan beberapa titik yang tercatat oleh Dinas Perhubungan Jawa Tengah, seperti perlintasan KA di Pejagan di Kabupaten Brebes, Simpang Kretek di Kabupaten Wonosobo, jalur Bayeman di Kabupaten Purbalingga, perlintasan KA Karanganyar di Kebumen, exit tol Bawen di Kabupaten Semarang, dan Simpang Kaliputih di Kabupaten Purwokerto. Kecelakaan dapat terjadi akibat berbagai faktor, termasuk kelalaian pengemudi, kondisi jalan yang kurang baik, dan faktor alam seperti hujan dan kabut tebal.

BACA JUGA:Bakalan Ada Diskon Tarif Tol, Ini Rencana Tarif Tol Mudik Lebaran serta Rincian Tarif Tol Trans Jawa

Selain memperhatikan titik rawan bencana dan kecelakaan, pengendara juga diingatkan untuk berhati-hati saat melintasi jalan yang menurun, tikungan, dan tanjakan curam.

Untuk mengantisipasi potensi kecelakaan, berbagai upaya telah dilakukan, termasuk penempatan ratusan personel polisi, pendirian pos pengamanan dan pelayanan di sepanjang jalur Pantura.

BACA JUGA:Mudik Gratis Lebaran 2024 Bareng PT POS, Berikut Cara Pendaftaran dan Rute Keberangkatan

Selain itu, Kepolisian juga telah memasang kamera pengawas (CCTV) di beberapa titik strategis, menambah jumlah lampu penerangan jalan umum sebanyak 150 unit, memasang 26 rambu pendahulu penunjuk jurusan, dan 10 unit lampu peringatan (warning light).

BACA JUGA:Mudik Gratis Lebaran 2024 Bareng INKA, Berikut Cara Daftar dan Rute Keberangkatan

Titik-titik rawan kemacetan, akibat peningkatan jumlah kendaraan selama liburan Nataru, telah diidentifikasi dan diantisipasi, seperti exit tol Krapyak Kota Semarang, exit tol Brebes, exit tol Cilacap, dan ruas jalan Semarang-Demak-Pati.

Perhatian serius juga diberikan pada 10 tempat wisata yang tersebar di berbagai daerah dan menjadi tujuan utama bagi para pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: