Iklan dempo dalam berita

Ini Adab Berpakaian Bagi Wanita Muslim yang Sesuai dengan Syariat Islam

Ini Adab Berpakaian Bagi Wanita Muslim yang Sesuai dengan Syariat Islam

Ini Adab Berpakaian Bagi Wanita Muslim yang Sesuai dengan Syariat Islam--

BACA JUGA:Siapa Orang yang Keluar dari Neraka Pertama Kali lalu Masuk Surga? Rahasia Kasih Allah SWT

1. Menjaga Aurat dengan Sempurna

Salah satu prinsip utama dalam berpakaian bagi wanita muslimah adalah menutup aurat dengan baik. Ini sejalan dengan tujuan pakaian sebagai penanda identitas manusia yang beradab, berbeda dengan hewan. Semakin hati-hati seseorang dalam menjaga auratnya, semakin tinggi pula kedudukannya di mata Allah dan manusia.

BACA JUGA:Kisah Orang Terakhir yang Keluar dari Neraka lalu Masuk ke dalam Surga, Apakah Orang Beriman?

Menutup aurat bagi wanita mencakup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, sementara untuk laki-laki mulai dari pusar hingga lutut. Namun, disarankan bagi laki-laki untuk menutup tubuhnya mulai dari leher hingga mata kaki.

2. Menghindari Pemameran Bentuk Tubuh

Adab berpakaian bagi wanita dalam Islam tidak hanya sebatas menutup aurat, melainkan juga melarang pemameran bentuk tubuh. Oleh karena itu, pakaian yang digunakan harus longgar dan tidak mencolokkan bentuk tubuh ketika digunakan. Sebagian jenis pakaian dapat menempel atau bergerak di kulit, yang sebaiknya dihindari.

BACA JUGA:Luar Biasa! Ternyata Ini Keutamaan Sedekah Subuh, serta Simak Juga Cara Mengamalkannya

Sebagai contoh, gamis yang longgar tanpa lipatan di pinggang, rok atau celana yang tidak ketat, baju dengan lengan panjang, dan pakaian lain yang tidak mendedahkan bentuk tubuh secara berlebihan adalah pilihan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Seorang ulama telah memfatwakan bahwa pemakaian pakaian yang menutup aurat namun memamerkan bentuk tubuh dapat dianggap sama dengan menampakkan aurat. Oleh karena itu, setiap wanita harus memperhatikan hal ini dalam menjalankan kewajibannya dalam berpakaian.

BACA JUGA:Hukum Menggunakan Parfum Bagi Wanita Muslim Boleh atau Haram? Simak Penjelasannya di Sini

3. Mengurangi Penggunaan Perhiasan Berlebihan

Islam juga menganjurkan wanita (dan pria) untuk berpakaian secara sederhana, tanpa perhiasan yang berlebihan. Tujuannya adalah untuk menghindari perasaan iri dan dengki dari orang lain, serta untuk mengajarkan pengendalian diri dalam segala hal, termasuk berpakaian.

BACA JUGA:Para Muslimah Sudah Tahu Belum, Apa Saja 8 Perkara yang Diharamkan Bagi Wanita Muslim Ketika Haid dan Nifas

4. Hindari Penggunaan Bahan Transparan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: