Iklan dempo dalam berita

Berbahaya Bagi Ginjal dan Hati, Ini Akibat Sering Minum Minuman Kemasan, Sayangi Kesehatan Anda

Berbahaya Bagi Ginjal dan Hati, Ini Akibat Sering Minum Minuman Kemasan, Sayangi Kesehatan Anda

Dampak terlalu sering minum minuman kemasan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berbahaya bagi ginjal dan hati, ini akibat sering minum minuman kemasan.

Minuman kemasan telah menjadi sangat umum di pasaran, dengan masyarakat secara sadar maupun tanpa sadar telah terbiasa mengonsumsinya.

Namun, terlepas dari popularitasnya, konsumsi minuman kemasan sebenarnya bisa membawa risiko bagi kesehatan, terutama terkait dengan organ penting seperti ginjal dan hati.

Ginjal, sebuah organ vital dalam tubuh manusia, memiliki berbagai fungsi penting, termasuk memproduksi sel darah merah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur kadar elektrolit, mengaktifkan vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi, mengatur tekanan darah, dan menyaring sekitar 120-150 liter darah setiap hari. 

BACA JUGA:Promo Ramadan 2024, Begini Cara Daftar Paylater BCA, Transaksi Mulai dari Rp1 juta Hingga Limit Rp20 Juta

Di sisi lain, hati juga merupakan organ yang tak kalah penting, bertanggung jawab untuk menghasilkan protein penting, membantu dalam proses pencernaan, menyimpan dan mengatur cadangan glikogen, dan menghilangkan racun dan zat-zat berbahaya dari aliran darah.

Konsumsi minuman kemasan, terutama yang mengandung tingkat gula yang tinggi, secara berlebihan dapat memiliki dampak yang sangat berbahaya pada kesehatan ginjal Anda.

Salah satu tantangan utama adalah sulitnya mengontrol berapa banyak gula yang sebenarnya Anda konsumsi dalam sehari. 

Selain itu, minuman yang terlalu manis dapat memiliki efek diuretik yang membuat tubuh kehilangan cairan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan beban kerja pada ginjal Anda. 

BACA JUGA:Gadai SK PPPK di BSI, Memang Bisa? Ini Kelebihan dan Kekurangan Gadai SK PPPK di Bank

Lebih lanjut lagi, konsumsi minuman yang mengandung bahan pengawet, yang umumnya terdapat dalam minuman kemasan, dapat memberikan beban tambahan pada ginjal Anda dan berpotensi merusak organ-organ lain dalam tubuh.

Konsumsi minuman kemasan, seperti soda dan minuman berenergi, bisa berpotensi membawa risiko kesehatan yang serius, dan ini tidak terlepas dari kandungan berbagai zat berbahaya di dalamnya. 

Salah satu studi yang diterbitkan oleh American Association for Cancer Research menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman ringan sebanyak dua kali seminggu bisa meningkatkan risiko kanker pankreas hingga dua kali lipat.

Salah satu zat yang perlu diwaspadai dalam minuman kemasan adalah 4-methylimidazole (4-MEI), yang sering ditemukan dalam soda berwarna karamel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: