Iklan dempo dalam berita

Penemuan Harta Karun Emas Berusia dari 1.300 Tahun dalam Makam di Panama oleh Para Arkeolog

Penemuan Harta Karun Emas Berusia dari 1.300 Tahun dalam Makam di Panama oleh Para Arkeolog

Penemuan Harta Karun Emas Berusia dari 1.300 Tahun dalam Makam--

BACA JUGA:3 Daerah di Sumatera yang Memiliki Harta Karun Emas Hitam Terbesar

Ini memungkinkan barang-barang berharga dan hasil karya mereka untuk dipertukarkan satu sama lain, meningkatkan status dan pengaruh mereka.

Beberapa artefak yang ditemukan dalam makam tersebut memiliki gaya yang serupa dengan yang diproduksi di wilayah Quimbaya, Kolombia.

BACA JUGA:Berbagai Jenis Harta Karun yang Ada di Sumatera, Punya Banyak Manfaat Untuk Pembangunan

Hal ini menunjukkan adanya pola yang sama di antara makam tersebut dan delapan makam yang telah diteliti sebelumnya.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa jasad-jasad lainnya dalam makam tersebut adalah milik orang-orang yang dikorbankan untuk menemani orang yang meninggal di alam baka, menyoroti praktik kompleks yang terkait dengan kepercayaan dan upacara kematian dalam masyarakat kuno di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Penghasil Harta Karun, Tambang Perak Bengkalis Jadikan Indonesia Sebagai Pemasok Logam Mulia di Pasar Global

El Caño, situs arkeologi yang terkenal, dibagi menjadi dua sektor pemakaman: sektor berstatus tinggi yang memiliki ruang pemakaman dengan banyak jenazah, dan sektor berstatus rendah di mana kuburan hanya berisi satu jenazah per kuburan. 

Dalam penggalian terbaru, para arkeolog menemukan jasad seorang pria yang diduga sebagai pemimpin agama, terkubur dengan posisi telungkup di atas jasad seorang wanita.

Meskipun demikian, para peneliti belum dapat mengetahui dengan pasti hubungan antara pria dan wanita tersebut.

BACA JUGA:Ini Daftar Perusahaan Tambang Harta Karun Timah di Sulawesi Utara, Lantas Apa Pemanfaatan Timah Bagi Kehidupan

Nicole Smith-Guzmán, kurator arkeologi dari Smithsonian Tropical Research Institute di Panama City, menjelaskan bahwa cara penguburan dengan posisi telungkup merupakan hal yang umum pada periode ini di wilayah tersebut, namun posisi laki-laki di atas perempuan tidak lazim.

Ini menunjukkan adanya kemungkinan praktik penguburan khusus atau kekhususan dalam konteks pemakaman ini.

BACA JUGA:Ciri Tanah Mengandung Emas dan Petunjuk-petunjuk untuk Menemukan Harta Karun

Namun demikian, Smith-Guzmán menambahkan bahwa peneliti lain sebelumnya telah melaporkan penemuan sisa-sisa manusia yang berusia lebih dari 1.000 tahun yang terkubur dalam posisi yang sama di sebuah situs terdekat yang disebut Sitio Sierra, di provinsi yang sama dengan El Caño.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: