Iklan dempo dalam berita

Tak hanya Bikin Harum Masakan, Ini Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil

Tak hanya Bikin Harum Masakan, Ini Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil

Manfaat daun pandan untuk ibu hamil--

Sebuah penelitian yang dilakukan Dosen Kebidanan Universitas Fort De Kock Bukittinggi, Febriyeni dan Visti Delvina tahun 2019 menemukan, pemberian minuman jahe dan daun pandan bisa menurunkan mual dan muntah di trimester pertama kehamilan. Studi ini telah diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan tahun 2021.

BACA JUGA:Temuan Harta Karun Raksasa di Kalimantan Timur, Menyimpan Cadangan Gas Bumi Mencapai 5 Triliun

2. Antibakteri dan antimikroba
Selanjutnya, daun pandan juga bermanfaat sebagai antibakteri dan antimikroba, Bunda. Pandan wangi mengandung beberapa jenis alkaloid, yakni pandanin.

Senyawa ini dipercaya sebagai antibakteri dan antimikroba yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit tifus. Selain itu, kandungan senyawa di daun ini juga bisa melawan virus, seperti virus influenza (H1N1).

3. Mengontrol kadar gula darah
Pada dasarnya, gula darah yang tinggi bisa memicu diabetes dan bisa berdampak buruk pada kehamilan. Untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah, maka kamu bisa konsumsi rebusan air atau teh daun pandan.

BACA JUGA:Abrasi Pantai Pekik Nyaring Ancam Rumah Pelestari Penyu

Penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Magazine tahun 2015 menunjukkan, daun pandan dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam mengatasi diabetes.

Hal tersebut karena ekstrak daun pandan dapat menurunkan glukosa darah postprandial, merangsang sekresi insulin dari sel beta pankreas pada objek penelitian tikus, dan menghambat aktivitas enzim alfa glikosidase.

BACA JUGA:Temuan Harta Karun Raksasa di Kalimantan Timur, Menyimpan Cadangan Gas Bumi Mencapai 5 Triliun

4. Anti-kanker
Beberapa penelitian menyebutkan, kandungan betaionone di daun pandan memiliki aktivitas anti-kanker dan telah terbukti dapat mengurangi berkembangnya aktivitas kanker.

Tak hanya itu, daun pandan juga mengandung antioksidan, seperti beta karoten, vitamin E, senyawa-senyawa fenolic, dan asam askorbat. Aktivitas senyawa antioksidan ini dapat mengurangi kerusakan sel tubuh dan penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker.

5. Mengobati demam dan sakit kepala
Daun pandan dapat digunakan sebagai tanaman herbal untuk atasi demam. Air rebusan daun pandan terbukti memiliki efek anti-inflamasi.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlambat! Segera Lakukan Cara Ini untuk Hilangkan Sihir yang Ditanam di Rumah

Sebenarnya, daun pandan dapat memberikan efek mendinginkan untuk pengobatan demam, batuk, dan sakit kepala. Beberapa penelitian menemukan bahwa rebusan daun pandan juga bisa meredakan infeksi di saluran kemih.

6. Meningkatkan nafsu makan
Biasanya, nafsu makan bisa menurun selama hamil karena perubahan hormon di tubuh. Padahal, kamu tidak boleh melewatkan waktu makan selama hamil untuk memenuhi asupan nutrisi ke janin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: