Iklan dempo dalam berita

Daftar 10 Negara yang Menyimpan Harta Karun Tambang Emas, Indonesia Nomor Urut Berapa?

Daftar 10 Negara yang Menyimpan Harta Karun Tambang Emas, Indonesia Nomor Urut Berapa?

10 Negara yang Menyimpan Harta Karun Tambang Emas,--

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ternyata 2 Daerah di Kalimantan Ini Mampu Hasilkan Emas Berkualitas, di Sini Lokasinya

Sementara itu, sebagai tambahan informasi, kadar emas menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih perhiasan.

Selain perbedaan harga yang cukup signifikan, kadar emas dalam perhiasan juga mempengaruhi kekuatan serta tampilan perhiasan secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Emas Sumatera Vs Jawa, Mana yang Lebih Unggul? Ini Penjelasannya

Namun sebenarnya apa itu kadar emas dan berapa kadar emas untuk perhiasan yang paling baik?

Kadar emas atau yang juga sering disebut sebagai karat merupakan jumlah kandungan emas murni yang terdapat pada perhiasan. 

BACA JUGA:Tambang Emas di Solok Selatan yang Lokasinya Berbahaya dan Angker, Sering Makan Korban

Hal ini dikarenakan perhiasan emas biasanya dicampur dengan beberapa logam lain agar lebih kuat atau untuk memunculkan warna-warna tertentu seperti rona kemerahan pada rose gold atau warna silver pada emas putih.

BACA JUGA:Sejarah Dua Tambang Emas di Bengkulu, Pernah Hasilkan Jutaan Ton

Selain dinyatakan dalam karat, kadar emas juga sering dinyatakan dalam bentuk persen. Sebagai contoh, emas murni 24 karat memiliki kadar emas 99,9 persen sedangkan emas 18 karat memiliki kadar emas 75 persen.

Di Indonesia sendiri terdapat istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan kadar emas tertentu yaitu emas tua dan emas muda.

Kadar emas tua memiliki persentase kemurnian di atas 42 persen sedangkan kadar emas muda memiliki persentase di bawah 41 persen.

BACA JUGA:Bukan Emas, Ini 7 Tambang Penghasil Berlian di Indonesia, di Kalimantan Masih Mendominasi

Emas muda biasanya memiliki warna yang lebih pucat namun lebih kuat sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi yang menginginkan perhiasan yang tahan lama dengan harga yang terjangkau. 

Di sisi lain, emas tua memiliki warna yang cenderung lebih gelap dan harga yang lebih tinggi sehingga cocok digunakan sebagai alat investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: