Iklan dempo dalam berita

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam

Berikan Kemudahan di Hari Akhir, Ini 11 Tujuan Berkurban dalam Islam--Foto: ist

Bukan hanya pemberi dan penerima, namun orang-orang yang ikut berkecimpung dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian daging hewan qurban juga akan demikian.

Mereka akan bersosialisasi satu dengan lainnya, sehingga secara tidak sadar akan membangun pondasi silaturahmi yang kokoh dan tidak mudah goyah. 

BACA JUGA:Berkurban dengan Cara Arisan, Emang Boleh? Begini Penjelasannya

8.   Kemudahan di Hari Akhir

Berkurban memiliki banyak manfaat, bahkan sebagian besar manfaatnya tidak akan bisa diterima oleh logika. Salah satu manfaat yang akan didapatkan bagi oleh umat muslim ketika berkurban adalah kemudahan di hari akhir. 

Pasalnya, hewan ternak yang dijadikan kurban karena Allah SWT akan bersaksi di hari akhir tentang kebaikan umat muslim yang berkurban, mereka akan berbondong-bondong menolong umat muslim yang ikhlas dalam berkurban.

Hal tersebut juga pernah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW pada sebuah hadits riwayat Al-Tarmuzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim. 

BACA JUGA:Berkurban Hukumnya Sunnah, Tapi Bisa Jadi Wajib Jika Kondisinya Seperti Ini

9.   Mensucikan Harta dan Jiwa

Tahukah jika ibadah qurban yang dilakukan di Hari Raya Idul Adha, 11, 12 maupun 13 Dzulhijjah merupakan salah satu ibadah yang disukai serta dimuliakan oleh Allah SWT. 

Bagi umat muslim yang telah dimampukan oleh Allah secara finansial dianjurkan untuk berkurban bukan hanya bertujuan untuk berbagi saja, melainkan juga membersihkan harta yang bukan hak sekaligus mensucikan jiwa dari berbagai macam penyakit hati, mulai dari pelit hingga dengki. 

Harta yang telah dibersihkan dan hati yang telah disucikan akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi umat muslim, bahkan Allah akan selalu memberkahi serta meridhoi setiap langkah baiknya di jalanNya. 

Sebaik-baiknya hidup di dunia adalah hidup yang diberkahi serta diridhoi oleh Allah SWT, bukan? Jadi, jika sudah dimampukan secara finansial oleh Sang Maha Pencipta, mengapa masih ragu untuk menjalankan ibadah kurban?

BACA JUGA:Menurut Imam Ibnu Hazim, Ayam dan Angsa Bisa Dijadikan Hewan Kurban, Ini Penjelasannya

10.   Mendapatkan Ampunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: