Iklan RBTV Dalam Berita

Sumatera Kaya akan Harta Karun Hasil Tambang, Ini Ragam Jenis Tambangnya

Sumatera Kaya akan Harta Karun Hasil Tambang, Ini Ragam Jenis Tambangnya

Sumatera Kaya akan Harta Karun Hasil Tambang--

Meski bergaji tinggi, bukan tidak mungkin pekerja di sektor pertambangan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Momen PHK biasanya terjadi jika perusahaan mengeluarkan pengumuman PHK massal.

BACA JUGA:5 Daerah Penghasil Harta Karun Tambang Gas Alam Terbesar di Indonesia, Maluku Memimpin

Ada beberapa faktor utama yang membuat perusahaan tambang melakukan PHK bagi pekerjanya, salah satunya karena harga komoditas tambang yang terus mengalami tren penurunan sehingga perusahaan pun melakukan efisiensi agar tidak gulung tikar.

BACA JUGA:Daftar 10 Negara yang Menyimpan Harta Karun Tambang Emas, Indonesia Nomor Urut Berapa?

Misalnya saja jika harga minyak dunia terus mengalami tren penurunan, maka perusahaan migas di beberapa belahan dunia melakukan PHK bagi ribuan karyawannya. 

Begitu juga bagi sektor tambang seperti batu bara, jika harga komoditas batu bara tak kunjung membaik, PHK pun menjadi jalan terakhir untuk dilakukan perusahaan.

BACA JUGA: 10 Negara Penyumbang Harta Karun Nikel Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Urut Berapa?

5. Rentan terkena penyakit kronis

Kesehatan adalah kekayaan paling mahal yang harus dijaga oleh setiap orang. Untuk itu menjaga kesehatan sangat penting agar terhindar dari risiko penyakit berbaya. Adapun jika kamu menjadi pekerja lapangan di sektor pertambangan, maka risiko terkena penyakit kronis jadi ancaman.

BACA JUGA:Jadi Sasaran Pencurian, Ternyata Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Ratusan Juta Ton, di Sini Lokasinya

Salah satu contohnya adalah penyakit Pneumoconisosis yang dapat menyerang pekerja tambang batu bara. Menurut International Labour Organization (ILO), penyakit ini adalah kelainan akibat penumpukan debu di dalam paru-paru. 

Debu tersebut berasal dari debu-debu batu bara, mineral, timah dan beberapa mineral lainnya. Jika terkena penyakit ini maka gejalanya berupa sesak napas juga batuk.

BACA JUGA:Harta Karun Emas di Kalimantan Barat Dicuri WNA China, Begini Cara Kerjanya

Namun, meskipun memiliki banyak risiko, berikut ini juga ada berbagai keuntungan yang akan didapatkan jika memilih kerja di pertambangan:

1. Pengalaman yang Bermanfaat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: