Iklan dempo dalam berita

7 Tanaman yang Disebutkan Dalam Al Quran dan Hadits, Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

7 Tanaman yang Disebutkan Dalam Al Quran dan Hadits, Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Tanaman yang Disebutkan Dalam Al- Quran dan Hadits--

“Demi buah tin dan zaitun,” (QS. At-Tin 1).

Buahnya dapat dikonsumsi sebagai makanan maupun obat. Karena mengandung sumber serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi, buah tin dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi kolesterol, membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta dapat menyembuhkan luka.

BACA JUGA:Angsuran Ringan, Cek Tabel Pinjaman KUR BCA Rp 100 Juta Tenor 60 Bulan, Pengajuan Bisa Via Online

6. Pohon zaitun

Nah, buah zaitun adalah buah yang telah disebutkan berkali-kali dalam Al-Qur’an. Pohon zaitun atau Olea europaea adalah pohon yang paling sering di tanam di wilayah Timur Tengah. Pohonnya menghasilkan buah dengan nama yang sama yaitu zaitun.

Buah zaitun bisa dinikmati dengan semua jenis makanan atau dibuat menjadi minyak. Manfaat dari buah ini dapat membantu memecah batu ginjal, mengurangi diabetes dan rematik, serta sebagai buah penambah nafsu makan.

Salah satu firman Allah SWT yang menyebutkan tentang pohon zaitun tertuang dalam surat An-Nahl ayat 11. Berikut bunyinya:

“Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir,” (QS. An-Nahl 11).

BACA JUGA:Polres Seluma Hentikan Penyelidikan Perkara Dugaan Pengrusakan Mobil Bumdes Pandan, Ini Alasannya

7. Pohon kurma
Tanaman selanjutnya yang dapat membawa rezeki adalah pohon kurma atau Phoenix dactylifera nih. Pohonnya menghasilkan buah yang terasa kenyal dan manis.

Dikenal sebagai buah gurun, buah kurma adalah salah satu buah yang paling umum disebutkan dalam Al-Qur’an. Bahkan, mengonsumsi buah ini untuk buka puasa adalah bagian dari sunnah.

BACA JUGA:Intip 7 Motor Lawas Paling Irit BBM, Ada Astrea Shogun dan Suzuki Smash

Manfaat kurma untuk kesehatan juga banyak. Di antaranya sebagai sumber penambah energi, membantu melancarkan pencernaan, mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung, serta buah yang bagus untuk Bunda konsumsi saat diet karena kaya akan vitamin dan mineral.

Berikut bunyi ayat Al-Qur'an yang menyebutkan pohon kurma, Bunda:
“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,” (QS. Maryam 26).

Demikianlah informasi tentang 7 tanaman yang disebutkan dalam Al Quran dan Hadist, memiliki banyak manfaat untuk kesehetan. Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: