Iklan dempo dalam berita

Daftar 3 Bansos yang Siap Cair Bulan Juni 2024, Apa Saja? Buruan Cek Rekening

Daftar 3 Bansos yang Siap Cair Bulan Juni 2024, Apa Saja? Buruan Cek Rekening

Daftar Bansos yang siap cair Juni 2024--

BACA JUGA:Jangan Panik!!! Stok BBM Bengkulu Cukup, Sudah Disangga 3 Depot Pertamina Luar Bengkulu

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bansos bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai KPM dalam DTKS Kemensos.

Bansos PKH diberikan pemerintah dalam upaya membuka akses keluarga miskin, terutama ibu hamil dan anak, agar bisa memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan dan pendidikan yang tersedia di sekitar mereka.

Selain itu, bansos PKH juga diberikan untuk menjaga kesejahteraan penduduk usia lanjut (lansia) 60 tahun ke atas dan penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Jangan Panik!!! Stok BBM Bengkulu Cukup, Sudah Disangga 3 Depot Pertamina Luar Bengkulu

Bansos PKH diberikan kepada 10 juta KPM selama satu tahun dengan penyaluran bertahap tiga bulan sekali. Bantuan ini diberikan maksimal untuk 4 jiwa sesuai kategori PKH dalam satu KPM.

Besaran bantuan yang diberikan, yakni kategori anak 0-6 tahun Rp 3 juta per tahun, ibu hamil/nifas Rp 3 juta per tahun. Kemudian, lansia 60 tahun ke atas Rp 2,4 juta per tahun, penyandang disabilitas Rp 2,4 juta per tahun.

Lalu, kategori pendidikan SD Rp 900.000 per tahun, pendidikan SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan pendidikan SMA Rp 2 juta per tahun.
Bansos PKH disalurkan kepada KPM yang terdaftar di DTKS Kemensos dan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Bantuan nantinya dapat dicarikan KPM penerima bansos PKH melalui PT Pos atau bank Himbara.

BACA JUGA:Begini Cara Bayar Gadai Tabungan Emas Pegadaian, Cukup dari Rumah Pakai Hp

3. Bantuan Beras 10 Kg
Bantuan beras 10 kg diberikan kepada masyarakat yang terdaftar sebagai KPM dalam DTKS Kemensos, termasuk penerima bansos PKH dan BPNT.

Bantuan beras 10 kg diberikan setiap 2 bulan sekali yang menargetkan penerima menjadi 22 juta KPM.

Bantuan ini diberikan dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran warga penerima bantuan, mengurangi kerawanan pangan, hingga gizi buruk. Bantuan beras 10 kg disalurkan kepada penerima melalui kelurahan/desa sesuai dengan domisili KPM.

BACA JUGA:Ngga Usah Bingung, Ini 3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Mudah!

Cara Cek Penerima Bansos Juni 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: