Iklan RBTV Dalam Berita

Konsumsi Daging Kurban Idul Adha 2024 Tanpa Takut Kolesterol Meroket, Ini Tipsnya

Konsumsi Daging Kurban Idul Adha 2024 Tanpa Takut Kolesterol Meroket, Ini Tipsnya

Konsumsi Daging Kurban Idul Adha 2024 Tanpa Takut Kolesterol Meroket, Ini Tipsnya--Foto: ist

1. Hindari Daging Berlemak

Menghindari konsumsi daging berlemak merupakan salah satu langkah pertama yang perlu dilakukan. Pasalnya, daging berlemak mampu memicu kadar kolesterol meningkat dan sejumlah gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, untuk mengolah daging kurban, usahakan pilih yang sedikit lemak. Hal itu agar kadar kolesterol tidak meningkat dan tetap bisa menikmati makanan olahan daging saat Idul Adha.

2. Kenali Daging Tinggi Lemak

Biasanya akan ada berbagai jenis daging yang bakal hadir di paket daging kurban. Beragam pilihan tersebut, membuat setiap orang harus lebih selektif dalam memilih daging yang akan diolah.

Pasalnya, ada sejumlah daging yang mengandung tinggi lemak sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jenis potongan sapi yang lebih baik dikonsumsi adalah potongan yang sedikit lemak, yaitu gandik, tanjung, serta bagian atas dan ujung sirloin.

Lemak sapi merupakan lemak jenuh sehingga bisa meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

BACA JUGA:Simak Resep dan Cara Buat Spicy Beef Jerkies, Olahan Daging Kurban Idul Adha 2024 yang Lezat

3. Perhatikan Cara dan Bahan Masakan

Tak hanya soal pilihan daging saja, memberikan perhatian pada cara memasaknya pun perlu dilakukan.

Untuk mengolahnya ada dua metode memasak yang baik untuk dilakukan yakni memanggang dan merebus. Kedua cara tersebut tergolong lebih baik untuk mencegah kadar kolesterol tinggi. Selain itu, lebih baik untuk menghindari olahan daging yang dibuat dengan cara digoreng.

Tak hanya itu, agar kolesterol terkendali, direkomendasikan untuk menambahkan dengan sejumlah sayuran seperti brokoli, bayam, terong, kubis mini, dan wortel. Sayuran mengandung tinggi akan serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan menjerat lemak di usus halus dan mengikat asam empedu dan meningkatkan ekskresi asam empedu sehingga akan dibuang melalui feses.

BACA JUGA:Ini Resep Daging Sapi Lada Hitam Ala Restoran, Resep Spesial Idul Adha 2024

4. Jumlah Konsumsi Daging

Memperhatikan jumlah daging yang dikonsumsi juga tidak boleh dikesampingkan. Sebab semakin banyak daging yang dikonsumsi maka risiko kolesterol naik pun meningkat. Supaya kadar kolesterol terkontrol usahakan mengonsumsi maksimal 156-170 gram daging tanpa lemak per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: