Iklan dempo dalam berita

Inilah 4 Golongan Orang yang Berhak Menerima Daging Hewan Kurban, Perhatikan juga Aturan Pembagian Benarnya

Inilah 4 Golongan Orang yang Berhak Menerima Daging Hewan Kurban, Perhatikan juga Aturan Pembagian Benarnya

4 Golongan Orang yang Berhak Menerima Daging Hewan Kurban--

- Dibagi Menjadi Tiga Bagian

Ada juga pendapat dari sebagian ulama lainnya yang menyatakan bahwa sebaiknya daging dari hewan kurban dibagikan kepada tiga golongan, yaitu sepertiga bagian untuk kaum fakir miskin, sepertiga berikutnya untuk orang yang melakukan ibadah kurban tadi, dan sepertiga sisanya untuk orang kaya.

Ada juga yang menafsirkan bahwa maksud dari orang kaya di sini adalah para kerabat, tetangga, dan juga sahabat atau orang-orang terdekat lain dari orang yang berkurban tadi.

Meskipun orang-orang ini termasuk dalam kategori berkecukupan, mampu, atau bahkan kaya namun berhak untuk mendapatkan bagian dari daging kurban tadi.

BACA JUGA:Biar Paham, Begini Hukum Memakan Daging Kurban Bagi Orang yang Bernazar Kurban

- Sedekahkan Semua Daging Kurban

Lalu ada juga pendapat ulama lain yang lebih menganjurkan bahwa sebaiknya daging dari hewan kurban disedekahkan hampir seluruhnya kepada fakir dan miskin.

Adapun orang yang berkurban tidak boleh mengambil daging namun hanya sedikit saja bahkan tidak sampai seperempat bagian. Hal ini dianggap akan mendatangkan lebih banyak keberkahan dari ibadah kurban yang telah dilakukan.

BACA JUGA:Catat, Ini 7 Larangan Bagi Orang yang Berkurban, Pastikan Tidak Melakukannya

3. Mengutamakan Kepentingan Umat

Masih terkait dengan waktu pembagian hewan kurban tadi, daging boleh untuk disimpan selama beberapa hari atau lebih namun di hadist berbeda yang diriwayatkan oleh Bukhari dijelaskan bahwa waktu pembagian maksimal adalah saat hari tasyrik.

Adapun pertimbangan dari hal ini adalah untuk mengutamakan kepentingan para umat. Maksudnya adalah daging kurban sebaiknya harus segera dibagikan kepada orang-orang yang memang berhak menerima tadi agar bisa segera dimanfaatkan yaitu dikonsumsi.

BACA JUGA:Hukum Larangan Potong Kuku Bagi yang Berkurban, Shohibul Kurban Wajib Tahu

4. Jenis Hewan Kurban Harus Tepat

Daging kurban yang dibagikan haruslah berasal dari hewan yang memang diperbolehkan untuk dikurbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: