Iklan dempo dalam berita

Jangan Keliru, Ini 9 Ciri-ciri Emas Palsu yang Wajib Diketahui Investor agar tidak Rugi

Jangan Keliru, Ini 9 Ciri-ciri Emas Palsu yang Wajib Diketahui Investor agar tidak Rugi

Ciri-ciri Emas Palsu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jangan keliru, ini 9 ciri-ciri emas palsu yang wajib diketahui investor agar tidak rugi.

Investasi emas bukanlah sesuatu yang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun, masih banyak yang belum tahu ciri-ciri emas palsu sehingga seringkali terjebak dalam kasus penipuan berkedok investasi.

BACA JUGA:Dua Warga Bengkulu Utara Ditembak di Perkebunan PT Agricinal, Begini Kronologinya

Membedakan emas asli dan palsu memang membutuhkan ketelitian tersendiri dengan menimbang karakteristik logam mulia bernilai tinggi dan tahan inflasi tersebut.

Lantas, apa saja ciri-ciri emas palsu yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam pemeriksaan keaslian emas? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Emas Palsu

Dilansir dari laman resmi Pegadaian, berikut ini hal yang harus diperhatikan saat akan berinvestasi emas, apakah emas tersebut asli atau palsu, yaitu:

1. Kurang Padat

Emas asli memiliki kepadatan sebesar 19,3 gram per cm3. Tingkat kepadatan emas ini lebih tinggi daripada logam mulia lainnya.

Kepadatan emas yang kurang dari standar tersebut menandakan bahwa emas memiliki campuran logam mulia lainnya. Inilah salah satu ciri-ciri emas palsu yang perlu diperhatikan.

Cara pengukuran kepadatan emas ini membutuhkan timbangan yang memiliki tingkat akurasi tinggi dan wadah berisi air. Timbang emas dan catat beratnya. Lalu, masukkan emas ke dalam wadah yang berisi air penuh dan ukur perpindahan air.

Apabila volume air yang keluar dari wadah kurang dari standar kepadatan emas, maka kemungkinan besar emas tersebut palsu.

BACA JUGA:Mau Investasi Dollar? Simak Dulu Keuntungan dan Kerugiannya Berikut

2. Reaktif Terhadap Asam Nitrat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: