Iklan dempo dalam berita

Harga Meroket, Begini Cara agar Tanaman Kopi Berbuah Lebat dan Panen Melimpah

Harga Meroket, Begini Cara agar Tanaman Kopi Berbuah Lebat dan Panen Melimpah

Cara agar Tanaman Kopi Berbuah Lebat --

- Suhu udara terbaik untuk tanaman kopi adalah 17oC hingga 24oC dengan kelembapan udara sekitar 20% sampai 70%.

Pengolahan Lahan Tanah Secara Tepat

Cara merawat kopi agar berbuah lebat selanjutnya yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi lahan agar tetap subur:

- Anda harus menjaga agar tekstur, struktur, dan bobot tanah tetap dalam keadaan yang baik. Jika drainase tanah kurang baik, anda dapat membuat sistem drainase menggunakan pipa dan parit.

- Nilai kapasitas tukar kation, C-Organik, dan bahan organik harus anda tingkatkan dengan cara memberikan banyak bahan organik pada lahan tersebut. Contohnya, seperti memberikan pupuk kandang atau pupuk humus. Sebarkan juga cacing tanah di lahan tersebut.

- Derajat keasaman tanah harus selalu dijaga agar tetap ideal untuk tanaman kopi. Jika sudah terlalu asam atau kurang dari 5,5, Anda harus menggunakan kapur pada lahan. Kalau derajat keasaman lahan lebih dari 6,5, maka Anda harus menyiram lahan dengan air rebusan ketapang atau perasan air jeruk.

BACA JUGA:Ratusan Napi Terancam Kehilangan Hak Pilih Dalam Pilbup Seluma Tahun 2024, Ini Sebabnya

Pahami Penanggulangan Gulma

Nah, pada lahan yang subur akan selalu ada risiko tumbuh gulma. Tanaman gulma ini bisa menyerap nutrisi yang seharusnya diperlukan tanaman kopi. Pada akhirnya, gulma akan menghambat pertumbuhan tanaman kopi.

Penyiangan merupakan salah satu cara menanggulangi gulma yang cukup efektif. Cara melakukan penyiangan adalah dengan mencabut tanaman gulma, kumpulkan dalam satu tempat. Kemudian bongkar tanah tempat gulma tumbuh untuk memastikan semua akarnya telah tercabut. Bakar gulma yang telah anda kumpulkan.

Pemupukan Tanaman Kopi

Faktor kimia dalam tanah, termasuk kandungan unsur hara dapat meningkatkan bila anda melakukan pemupukan. Cara memupuk kopi agar berbuah lebat dan banyak harus dilakukan dengan benar secara teknis dan dosis.

BACA JUGA:Jadi Sorotan dan Kritikan Publik, Apa Alasan Jokowi Boyong Artis dan Influencer?

Cara budidaya tanaman kopi agar panen melimpah

1. Pilih jenis kopi yang sesuai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: