Iklan dempo dalam berita

Indonesia Hattrick Deflasi di 2024, Ini Penyebab dan Dampaknya Bagi Perekonomian Negara

Indonesia Hattrick Deflasi di 2024, Ini Penyebab dan Dampaknya Bagi Perekonomian Negara

Indonesia Deflasi 3 kali berturut-turut--

"Oleh sebab itu, kita perlu hati-hati dalam mengambil kesimpulan ini sehingga deflasi ini bukan satu-satunya indikator untuk menyimpulkan penurunan daya beli masyarakat, harus dicek dengan indikator-indikator lainnya," tegas Amalia.

BACA JUGA:Cuaca La Nina Diprediksi Terjadi 3 Bulan, BMKG Sebut Ada Potensi Kemarau Basah

Amalia menjelaskan, fluktuasi harga pangan khususnya hortikultura yang termasuk dalam komponen harga bergejolak, paling memengaruhi laju inflasi maupun deflasi di Indonesia.

"Ini kemudian ditengarai bahwa inflasi di Indonesia terutama inflasi volatile food ini sangat dipengaruhi di sisi suplai, ini berbeda dengan negara-negara lain," katanya.

BACA JUGA:Cuaca Hujan dengan Intensitas Tinggi, BMKG Prediksi Beberapa Daerah yang Berpotensi Banjir di Bulan Agustus

BPS mencatat kondisi pasokan bahan pangan saat ini contohnya terjadi di komoditas beras yang mulai mengalami kenaikan setelah berakhirnya masa panen raya pada April-Mei 2024 lalu.

Di sisi lain, harga cabai merah dan bawang merah juga tercatat mengalami penurunan. Amalia menyebutkan, komoditas tersebutlah yang menjadi penyumbang deflasi terbesar di tiga bulan terakhir ini, berkat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang setiap pekannya dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang selalu mendorong ketersediaan pasokan di pasar.

BACA JUGA:Proyeknya Gagal Kontruksi, Pejabat dan Pemilik Perusahaan Malah Dapat Fee Rp. 160 juta

"Jadi karena cabai merah dan bawang merah jumlah pasokannya di pasar sudah cukup, ini yang ternyata menjadi penyebab dari deflasi-deflasi harga barang tersebut dan berkontribusi pada deflasi komponen makanan dan minuman, atau secara umum ini menjadi penyumbang deflasi komponen harga bergejolak," tutur Amalia.

BACA JUGA:Selamat Datang Cuaca La Nina, Bahaya Banjir dan Longsor Semakin Mengintai

Sementara itu, BPS mencatat inflasi komponen harga inti terpantau naik ini disebabkan faktor musiman yaitu memasuki periode tahun ajaran baru. Amalia mengatakan, salah satu penyumbang inflasi adalah kelompok pendidikan terutama biaya pendidikan SD, SMP, dan SMA.

BACA JUGA:Ini 5 Pilihan Mobil SUV Irit BBM, Cocok untuk Perjalanan Jauh, Jangan Salah Beli

Dampak Deflasi Bagi Perekonomian Negara

Jika suatu negara tidak segera mengatasinya segera, maka negara tersebut akan mengalami resesi dan kesulitan ekonomi.

Sebab ada banyak sekali dampak deflasi yang dirasakan baik positif atau negatif, diantaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: