Iklan dempo dalam berita

Bahaya, Ini 7 Efek Perempuan Terlalu Sering Minum Kopi, Nomor 5 Belum Banyak yang Tahu

Bahaya, Ini 7 Efek Perempuan Terlalu Sering Minum Kopi, Nomor 5 Belum Banyak yang Tahu

7 Efek Perempuan Terlalu Sering Minum Kopi--

Berdasarkan penelitian, selain menambahkan rasa yang unik, kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida.

BACA JUGA:10 Provinsi Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia, Ada Bengkulu

6. Minum Kopi Secukupnya

Menurut studi yang dilansir di jurnal Sleep, disebutkan bahwa konsumsi kafein berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping, meski dapat berbeda–beda bagi masing-masing orang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, minum kopi berlebihan (lebih dari 500 mg kafein atau setara lima cangkir kopi) justru dapat membuat kamu mengalami nyeri kepala dan kelelahan.

BACA JUGA: Inilah Biji Kopi Asli Indonesia yang Digunakan Starcbuks, Sangat Digemari Seluruh Dunia

Selain itu, minum kopi berlebihan juga dapat menyebabkan diare, cemas, jantung berdebar-debar, insomnia hingga nyeri perut. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Advances in Nutrition, disebutkan bahwa konsumsi kafein sebaiknya tidak melebihi 2.5 mg/kgBB/hari.

Jadi, batas minum kopi dalam sehari yaitu 4-5 cangkir kecil (setara dengan 400 mg kafein) dalam sehari. 

BACA JUGA:Ini 6 Biji Kopi Terbaik di Kelas Dunia, Ternyata Banyak dari Indonesia

Itu pun jika kamu tidak memiliki riwayat kesehatan tertentu. Bila kamu punya riwayat hipertensi, penyakit jantung, atau kondisi lainnya, kamu harus konsultasi dulu ke dokter soal batas aman minum kopi.

Lalu, untuk ibu hamil tentu saja tidak sama takarannya seperti orang dewasa pada umumnya. Ibu hamil dianjurkan tidak minum kopi lebih dari dua cangkir. Namun, lagi-lagi kamu sebaiknya konsultasi ke dokter supaya lebih pasti soal takaran amannya.

BACA JUGA:Ini Jenis Kopi Asal Indonesia yang Berhasil Mendunia, Cek Apakah Ada Kopi dari Daerah Asalmu?

7. Hindari Minum Kopi dengan Perut Kosong

Hati-hati, kopi bersifat asam sehingga dapat merangsang peningkatan asam lambung dan mencetuskan keluhan nyeri ulu hati.

Solusinya jika kamu memiliki riwayat sakit mag, sebaiknya hindari minum kopi berlebihan. Sebaiknya kamu tidak minum kopi saat perut kosong, kamu bisa makan dulu sebelum ngopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: