Iklan dempo dalam berita

Waspada! Ini 4 Efek Anak Kecanduan Gadget, Nomor 4 Sangat Bahaya

Waspada! Ini 4 Efek Anak Kecanduan Gadget, Nomor 4 Sangat Bahaya

Efek Anak Kecanduan Gadget--

Secara umum disarankan tidak lebih dari dua jam per hari, kecuali jika ada kebutuhan untuk mengerjakan tugas sekolah.

BACA JUGA:10 Cara Investasi Properti yang Tepat untuk Pemula, Dijamin Aman dan Untung!

Adapun, beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak agar anak tidak memikirkan bermain gadget, antara lain:

1. Mengobrol dan Bercerita

Komunikasi yang baik antara orangtua dan anak bisa meningkatkan kecerdasan anak serta membuat anak melupakan gadget. Dengan mengajak dan mendengarkannya berbicara melatih mereka untuk mengekspresikan diri secara jujur dan terbuka.

Kesempatan ini bisa dijadikan sebagai jembatan untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada anak. Dengan kata yang baik, tentunya, pikiran anak menjadi lebih terbuka sehingga ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Membacakan Buku Cerita

Cara ini bisa membentuk ikatan emosional yang kuat antara orangtua dan anak. Buku cerita menjadi perantara yang baik untuk mengajarkan anak tentang hal-hal baru dan membentuk rasa ingin tahu yang tinggi dan tentunya melupakan gadget sesaat.

Anak cenderung bertanya tentang banyak hal yang terdapat dalam buku cerita. Dengan mendengarkan, perbendaharaan kata yang mereka miliki akan terus bertambah. Ini baik untuk merangsang daya imajinasi dan kreativitas mereka.

BACA JUGA:Profil Tifauzia Tyassuma, Dokter yang Kutuk Presiden Terkait Rumah Menteri di IKN

3. Membangun Lingkungan yang Mendukung

Pastikan anak tumbuh di lingkungan keluarga yang sehat, jika orang tua melarang anak bermain gadget, maka orang tua juga harus membatasi menggunakan gadget di depat anak-anak.
Dengan lingkungan yang kondusif, proses belajarnya tidak akan terganggu karena masalah yang muncul dalam keluarga.

Buat suasana hening dan nyaman saat proses belajar berlangsung. Dengan lingkungan yang baik, proses belajarnya menjadi lebih maksimal. Hasilnya, anak bisa menyerap lebih banyak ilmu.

4. Melibatkan Anak dalam Aktivitas Fisik

Dari jurnal Physical activity and cognitive functioning of children: a systematic review, masa kanak-kanak merupakan momen penting bagi perkembangan kognitifnya. Ternyata, ada hubungan yang terjadi antara aktivitas fisik (olahraga) dan tingkat kecerdasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: