Iklan dempo dalam berita

Muslimah Wajib Tahu, Begini Aturan Menggunakan Hijab yang Benar dalam Islam

Muslimah Wajib Tahu, Begini Aturan Menggunakan Hijab yang Benar dalam Islam

Muslimah Wajib Tahu, Begini Aturan Menggunakan Hijab yang Benar dalam Islam--Foto: ist

Artinya: Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

2. Tidak Membentuk Tubuh dan Tidak Membentuk Punuk Unta

BACA JUGA:Pemakaian Hijab di Olimpiade Paris 2024 jadi Kontroversi! Ini Dampaknya bagi Atlet Muslimah

Salah satu ciri hijab yang benar menurut Agama Islam adalah tidak boleh membentuk tubuh atau menunjukkan lekuk tubuh secara eksplisit. Hijab harus longgar dan tidak ketat agar tidak menarik perhatian dan mencegah godaan seksual.

Demikian juga, menggunakan hijab dengan punuk unta, membentuk lekuk tubuh, atau berjalan dengan gaya yang menarik perhatian bertentangan dengan tujuan hijab sebagai penutup aurat dan perlindungan.

3. Tidak Menampakkan Bagian Wajah Tertentu

Cara berhijab yang benar juga melibatkan menutup bagian wajah tertentu, seperti leher, telinga, dan rambut, sebagai penegasan dalam menutup aurat.

Menjaga kehormatan dengan tidak menampakkan perhiasan yang biasa terlihat, seperti anting-anting, adalah bagian dari etika berhijab. Pemilihan jenis kain yang tidak tipis dan menerawang juga penting untuk menjaga kepatuhan terhadap prinsip ini.

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024, Atlet Basket Berhijab Dilarang Bertanding: “Hati Saya Benar-benar Hancur”

4. Tidak Berhias Berlebihan dan Mematuhi Kriteria Kain

Terakhir, perlu dipahami juga kalau hijab sejatinya adalah penutup, bukan alat rias. Menggunakan hijab yang sederhana dan tidak berlebihan dalam perhiasan adalah bagian dari tata cara berhijab yang sesuai. Selain itu, memilih kain yang sesuai, tidak tipis, dan tidak tembus pandang sangat penting agar menjaga kepatuhan terhadap ajaran Islam dalam berhijab.

Demikianlah ulasan informasi, aturan menggunakan hijab yang benar dalam islam.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: