Iklan dempo dalam berita

Ini 15 Jenis Hewan yang Dilindungi di Indonesia Serta Asal Daerahnya, Harus Tahu!

Ini 15 Jenis Hewan yang Dilindungi di Indonesia Serta Asal Daerahnya, Harus Tahu!

Jenis Hewan yang Dilindungi di Indonesia --

Trenggiling dapat dijumpai di hutan pegunungan Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara. Populasinya diperkirakan terancam punah karena deforestasi.

Upaya konservasi yang dilakukan pemerintah antara lain melindungi habitatnya, melarang perburuan, serta melibatkan masyarakat setempat

2. Orang Utan Kalimantan

Orang utan merupakan bagian dari hewan langka di Indonesia, baik itu Orang utan Sumatera maupun Kalimantan masuk ke dalam spesies terancam punah.

Berdasarkan dari laporan IUCN melalui penelitian yang telah ia lakukan selama 75 tahun belakangan Hewan ini kian Mengalami penurunan signifikan yaitu sebesar 80%. Tak hanya itu faktanya pada tahun 1998-1999 angka kepunahan Orang Utan Kalimantan mencapai 1000 orangutan per tahun.

Sementara pada tahun 2004 diprediksi jumlah Orangutan Kalimantan ini berjumlah kurang lebih 54.000 ekor saja. Pembeda Orangutan Sumatera dan Orang Utan Kalimantan adalah pada kantung pipi yang panjang pada orangtua jantan.

BACA JUGA:7 Jenis Ikan Aligator Berbahaya, Nekat Pelihara Bisa Didenda hingga Rp 1,5 Miliar!

3. Komodo

Hewan ini merupakan satwa liar dilindungi dan memiliki ukuran tubuh terbesar di antara kadal lain di dunia. Komodo bisa mencapai panjang tubuh 3 meter dan berat hingga 70 kg. Habitat asli komodo adalah pulau Komodo, Flores, dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.

4. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera merupakan satu-satunya subspesies harimau yang masih tersisa di Pulau Sumatera. Harimau ini telah masuk dalam kategori satwa dilindungi karena jumlahnya yang sangat sedikit, yaitu kurang dari 400 ekor.

BACA JUGA:Perjuangan Gubernur Rohidin, 900 Orang Penyuluh Pertanian Lapangan Jadi Pegawai Instansi Vertikal

5. Burung Cendrawasih

Burung cendrawasih merupakan burung endemik Indonesia yang sangat cantik. Jenis-jenis cendrawasih salah satunya terdapat di Papua dan Maluku. Sayangnya, populasi cendrawasih saat ini mulai berkurang akibat kerusakan habitat dan perdagangan bulu burung yang dilakukan secara liar.

6. Macan Tutul Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: