Iklan dempo dalam berita

Jangan Panik dan Setop Lakukan Ini JIka Saldo E-Toll Kurang Ketika Kamu Sudah Berada di Gerbang Tol

Jangan Panik dan Setop Lakukan Ini JIka Saldo E-Toll Kurang Ketika Kamu Sudah Berada di Gerbang Tol

Saldo e-toll habis saat di gerbang Tol, ini caranya--

Berikut langka-langkah yang harus dilakukan jika dihadapkan pada kondisi kehabisan atau kurangnya saldo e-Toll dalam posisi sudah berada di gerbang tol.

  1. Tekan tombol bantuan yang terletak di dekat tombol Cetak Struk gardu tempat pembayaran. Dengan menekan tombol bantuan tersebut, petugas akan datang membantu.
  2. Minta bantuan petugas di sekitar gerbang tol secara langsung dan jelaskan bahwa saldo e-Toll tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut. Mungkin kartu akan diisi ulang secara langsung atau juga diminta membayar secara tunai dan diarahkan mengisi di rest area terdekat.
  3. Kemudian, langkah ketiga yang bisa dilakukan pengendara adalah dengan melakukan Top up saldo e-Toll secara mandiri. Top up saldo ini dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking di smartphone sesuai bank provider pada e-Toll yang digunakan.
  4. Jika saldo e-Toll kurang, kamu dapat mengisi juga di rest area terdekat atau di gerai minimarket yang tersedia di sana.

BACA JUGA:Reskan Effendi Meradang, Langkah dan Upaya Ini Akan Ditempuh Jika KPU dan Bawaslu Tetap Nyatakan TMS

Di luar itu saat saldo habis, pengguna jalan diimbau untuk tidak menggunakan kartu e-Toll yang berbeda saat masuk tadi, khususnya saat berada di ruas tol dengan sistem tertutup. Sebab tindakan ini dianggap menerobos jalan tol dan akan dikenakan sanksi berupa denda.

"Selain itu juga ketika saldo e-Toll tidak cukup pada gerbang tol sistem transaksi tertutup, jangan mengganti kartu yang berbeda dari saat masuk karena dianggap menerobos dan dikenakan denda sebesar 2x tarif terjauh di ruas yang sama," terang BPJT Kementerian PUPR lagi.

BACA JUGA:Pilkada 2024, KPU Kepahiang Buka Lowongan Kerja, Rekrut 1988 Orang Petugas KPPS untuk Penugasan di 284 TPS

Karenanya pengguna jalan selalu diingatkan untuk memeriksa kecukupan saldo e-Toll dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan sebelum melakukan perjalanan. 

Sementara itu, untuk informasi tambahan, ada berbagai jenis kartu yang bisa digunakan untuk bayar tol. 

Berdasarkan situs web resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), e-Toll sudah hadir sejak 2017 lalu dan dinilai dapat mengurangi kemacetan saat membayar tol.

E-Toll mengandalkan Radio Frequency Identification (RFID) di mana merupakan teknologi yang memungkinkan pengiriman informasi lewat gelombang radio.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Begini Cara Mencari Modal Bisnis untuk Usaha, Bisa Langsung Dicoba

E-Toll menggunakan teknologi tersebut untuk membaca informasi kendaraan yang telah terdaftar dalam sistem kartunya. Informasi ini yang kemudian nantinya akan diolah oleh sistem kartu tersebut untuk memproses pembayaran tol secara cepat.

BACA JUGA:Kembali Berulah, Wasit Tinju Kontroversi Diberhentikan dari PON XXI 2024

Jenis Kartu untuk Bayar Tol

Di Indonesia, kartu untuk membayar tol cukup banyak jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis kartu untuk bayar tol yang RBTV Camkoha rangkum dari berbagai sumber.

1. E-Toll Card

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: