Iklan RBTV Dalam Berita

5 Dampak Serius Silent Treatment dalam Hubungan, Nomor Dua Jarang Disadari

5 Dampak Serius Silent Treatment dalam Hubungan, Nomor Dua Jarang Disadari

Dampak Silent Treatment dalam Hubungan--

2. Menetapkan Batasan

Berikutnya, silent treatment dapat membantu individu menetapkan batasan dalam sebuah hubungan. Ketika salah satu pihak secara terus-menerus menyakiti dan tidak menghormati kita, menarik diri dan menghindari orang tersebut adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Memilih untuk diam dan tidak merespon atau terlibat interaksi dengan seseorang yang menyakiti dapat membantu kita secara jelas menegaskan bahwa kita tidak ingin atau tidak siap untuk berkomunikasi dengan mereka.

Hal ini dapat membantu kita menetapkan batasan yang jelas tentang apa yang dapat diterima dan apa yang tidak dapat diterima dalam sebuah hubungan.                                 

BACA JUGA:Syarat dan Kriteria Peserta yang Bisa Daftar PPPK 2024, Pendaftaran Segera Dibuka

3. Memberi waktu untuk instrospeksi diri

Kemudian, silent treatment juga dipercaya dapat memberikan waktu bagi seseorang untuk melakukan introspeksi diri. Ketika mereka memilih untuk diam, mereka tidak terlibat dalam interaksi langsung atau konflik verbal dengan orang lain.

Dalam keadaan diam, individu akan memiliki kesempatan untuk merenungkan perasaan dan pikiran mereka sendiri tanpa gangguan eksternal.

Hal ini memungkinkan mereka untuk mengevaluasi reaksi mereka terhadap emosi yang dirasakan, mengidentifikasi sumber emosi, serta memahami alasan di balik perasaan amarah yang muncul dengan lebih baik.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi PPPK 2024 Dibuka Awal Oktober, Pahami Panduan Cara Membuat Akun SSCASN

4. Mendorong komunikasi efektif

Secara umum silent treatment tidak dianggap sebagai langkah yang tepat untuk mendorong komunikasi yang efektif. Namun ada suatu kondisi di mana silent treatment ternyata juga dapat membuka jalur komunikasi yang baik di masa depan.

Misalnya ketika silent treatment dimanfaatkan sebagai upaya mempersiapkan diri dalam berkomunikasi secara lebih tenang.

Silent treatment diharapkan dapat mendorong pihak yang menyakiti untuk berbicara dan mengekspresikan pikiran serta perasaanya.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi PPPK 2024 Dibuka Awal Oktober, Pahami Panduan Cara Membuat Akun SSCASN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: