Iklan RBTV Dalam Berita

Prediksi Cuaca BMKG, Ini Wilayah di Jawa Tengah yang Jadwal Awal Musim Hujannya Mudur

Prediksi Cuaca BMKG, Ini Wilayah di Jawa Tengah yang Jadwal Awal Musim Hujannya Mudur

Prediksi Cuaca BMKG--

4. Angin Monsun Asia atau Angin Baratan

Monsun merupakan salah satu faktor yang memengaruhi cuaca dan iklim di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh perbedaan panas antara daratan dengan lautan.

BMKG mengungkapkan angin monsun baratan menjadi indikator musim hujan di Indonesia. Di mana angin yang membawa uap-uap air bertiup dari Samudra Pasifik menuju Asia pada Oktober sampai April di setiap tahunnya.

BACA JUGA:Prediksi Musim Hujan di Bengkulu, Ini Daerah Rawan Bencana Selama Musim Hujan 2024

Tipe Curah Hujan

Selain mengetahui apa saja tanda-tanda akan memasuki musim hujan, penting juga untuk tahu apa saja tipe curah hujan yang ada di Indonesia.

Melansir dari jurnal berjudul Karakter Curah Hujan di Indonesia oleh Tukidi, umumnya Indonesia mempunyai tiga tipe curah hujan, di antaranya sebagai berikut:

1. Tipe Ekuatorial

Proses terjadinya tipe curah hujan ini berkaitan dengan pergerakan zona konvergensi ke utara dan selatan. Ciri-cirinya dua kali maksimum curah hujan bulanan dalam setahun. Wilayah sebarannya berada di Sumatera dan Kalimantan.

BACA JUGA:Ini Jadwal Puncak Musim Hujan di Banten, BMKG Sebut Berpotensi Peningkatan Risiko Bencana Banjir

2. Tipe Monsun

Tipe curah hujan dipengaruhi angin laut dalam skala yang sangat luas. Ciri-cirinya memiliki perbedaan yang jelas antara periode musim hujan dan kemarau dalam setahun.

Serta terjadi satu kali maksimum curah hujan bulanan dalam setahun. Wilayah sebarannya berada di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

BACA JUGA:Tanda-tanda Kedatangan Musim Penghujan di Indonesia, Ini Prakiraan Puncaknya Menurut BMKG

3. Tipe Lokal

Ciri-ciri tipe curah hujan ini dipengaruhi kondisi lingkungan fisis setempat, seperti bentang perairan atau lautan, memiliki pegunungan yang tinggi, dan pemanasan lokal yang intensif. Di mana pola ini dapat terjadi satu kali maksimum curah hujan bulanan dalam waktu satu tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: