Iklan RBTV Dalam Berita

BPOM Sita 10 Obat Herbal Berbahaya Senilai Rp 8,1 Miliar, Bisa Rusak Ginjal dan Jantung

BPOM Sita 10 Obat Herbal Berbahaya Senilai Rp 8,1 Miliar, Bisa Rusak Ginjal dan Jantung

BPOM Sita 10 Obat Herbal Berbahaya--

Lantas, apa saja bahaya jika konsumsi obat ilegal atau tanpa BPOM?

Konsumsi obat ilegal atau tanpa BPOM dapat menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis yang serius, serta meningkatkan risiko penularan penyakit menular jika menggunakan jarum suntik yang tidak steril.

Oleh karena itu, penting untuk memahami dan menghindari konsumsi obat ilegal dengan mematuhi peraturan, dan konsultasi dengan tenaga medis yang terpercaya.

Berikut ini bahaya konsumsi obat ilegal yang di rangkum dari berbagai sumber:

1. Kesehatan yang Terancam

Salah satu bahaya konsumsi obat ilegal adalah risiko terhadap kesehatan. Banyak obat ilegal diproduksi di fasilitas yang tidak memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ketat.

Pada umumnya, proses produksinya tidak diawasi dengan baik dan dapat melibatkan penggunaan bahan-bahan yang tidak aman, atau tidak cocok untuk dikonsumsi manusia.

Kandungan obat ilegal sering kali tidak diketahui atau tidak akurat, sehingga pengguna tidak memiliki informasi yang cukup mengenai apa yang sebenarnya mereka konsumsi.

Penggunaan obat ilegal dapat menyebabkan reaksi alergi, keracunan, kerusakan organ, serta meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kesehatan yang serius, termasuk kematian.

BACA JUGA:Review Fitur iQOO 13, Performa Dapur Pacu Anyar, Segini Harganya

2. Efek Samping yang Berbahaya

Obat ilegal sering mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak boleh dikonsumsi. Beberapa obat ilegal seperti narkotika dan amfetamin, memiliki efek psikoaktif yang kuat dan dapat menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis yang serius.

Selain itu, obat-obatan tertentu seperti obat penenang yang dijual ilegal atau tanpa resep dapat menyebabkan gangguan tidur, kecemasan, depresi, dan masalah mental lainnya.

Efek samping yang berbahaya ini dapat memengaruhi kualitas hidup, dan kesejahteraan individu secara keseluruhan.

BACA JUGA:Karyawan Pelabuhan Kehilangan Motor Karena Peristiwa Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: