Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Sosok Menteri Termiskin dan Tanpa Utang di Kabinet Prabowo-Gibran, Pernah Jadi Kepala Dinas

Ini Sosok Menteri Termiskin dan Tanpa Utang di Kabinet Prabowo-Gibran, Pernah Jadi Kepala Dinas

Sosok Hanif Faisol Nurofiq, menteri di Kabinet Prabowo Gibran yang minim harta--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Menteri Negara adalah pembantu Presiden yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Ini sosok menteri ‘termiskin’ dan tanpa utang di kabinet Prabowo-Gibran.
Menteri Negara mempunyai tugas menangani bidang tugas tertentu dalam kegiatan pemerintah negara yang bidang tugasnya tidak ditangani oleh suatu Departemen.

BACA JUGA:Video Setahun Lalu Bocor dan Beredar di Publik, Siswa SMP Ini Akhirnya Viral

Lantas, berapa gaji menteri?

Gaji dan tunjangan menteri dipatok melalui Peraturan Pemerintah No.75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara serta Uang Kehormatan Anggota Lembaga Tertinggi Negara.
Aturan lainnya adalah Keputusan Presiden RI Nomor 68 tahun 2001. Berdasarkan kedua aturan ini gaji pokok seorang Menteri sebesar Rp 5.040.000 per bulan, sedangkan tunjangan Rp 13.608.000 per bulan.
Dengan demikian, total gaji menteri Rp 18.648.000 per bulan.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Link DANA Kaget Melalui Media Sosial, Dapatkan Saldo Gratis Hingga Rp500 Ribu

Namun, siapa sangka, dari jajaran Menteri Kabinet Merah Putih yang dilantik oleh Prabowo hari ini, ternyata ada Menteri yang termiskin.
Pada Senin 21 Oktober 2024, Hanif Faisol Nurofiq dilantik menjadi Menteri di Kabinet Merah Putih. Sebelumnya, ia sudah panggil Prabowo ke rumahnya di Kertanegara pada Senin lalu, bersama para bakal calon menteri lainnya.

Namun ada hal yang unik dari Hanif Faisol Nurofiq, ia menjadi menteri dengan harta terkecil di jajaran Kabinet Merah Putih.
Seperti dilansir Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), diketahui Hanif memiliki kekayaan sebesar Rp 2.802.197.150
Uang tersebut terdiri dari Tanah dan Bangunan Rp 2,6 Miliar, alat transportasi dan mesin Rp 125 juta dan Kas dan Setara Kas Rp 32 juta, selain itu juga, ia tidak memiliki utang.

BACA JUGA:Daftar Menteri Prabowo Asal Papua, Cek Harta Kekayaannya

Profil Hanif Faisol Nurofiq

Hanif Faisol Nurofiq lahir di Bojonegoro pada 21 Maret 1971. Saat ini, ia menjabat sebagai Dirjen PTKL KLHK, sebuah posisi yang dipegangnya sejak 2023.
Sebelum menjabat sebagai Direktur Jenderal, Hanif merupakan Sekretaris Direktorat Jenderal PTKL KLHK.
Pengangkatannya dilakukan berdasarkan penilaian dari Tim Penilai Akhir yang saat itu dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Hanif pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Kalimantan Selatan (Kalsel), di mana ia menerima kenaikan pangkat luar biasa dari Jokowi.
Hanif juga pernah menerima penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2019, sebagai pengakuan atas dedikasinya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pengumuman ini disampaikan oleh Gubernur Kalsel saat peringatan HUT ke-48 Korpri.

Kemudian, pada 2020 lalu, Hanif juga dipanggil untuk berkontribusi di tingkat nasional sebagai Sekretaris Ditjen PKTL, sebelum akhirnya memimpin direktorat jenderal tersebut.

BACA JUGA:Nasib Bobby yang Dulu Tinggal di Jalanan, Sekarang Masuk Istana Bersama Presiden Prabowo Subianto

Landasan Hukum Kementerian Negara Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: