Tersedia 3.445 Formasi CPNS Sekolah Kedinasan 2024, Ini Daftar Sekolah Kedinasan yang Masih Buka Pendaftaran

Kamis 22-08-2024,09:41 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Jalur pendaftaran non-pembibitan di beberapa sekolah kedinasan ini juga bisa jadi acuan para siswa jika tahun depan ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan.

BACA JUGA:Yuk Tingkatkan Peluang Lolos CPNS 2024, Ini 45 Contoh Soal SKD CPNS yang Bisa Dipelajari

Tips Lolos Seleksi Sekolah Kedinasan

1. Kenali Jenis Tes yang Diujikan

Seperti yang dijelaskan, Sekolah Kedinasan terdiri dari tiga materi berbeda, yaitu TKP, TIU, dan TWK. Jadi, pahami dulu jenis-jenis materi tersebut agar lebih mudah menentukan strategi belajar yang akan diterapkan.

Tim Konsultan CPNS melalui buku Kisi-Kisi Soal CPNS 2018 membagikan beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapinya.

Misalnya, pada soal TWK, jika merasa lemah di pengetahuan sejarah, kuatkan di bagian Tata Negara. Soal-soal Tata Negara tidak berubah-ubah sehingga lebih banyak referensinya.

BACA JUGA:Bukannya Belajar, 3 Pelajar Ini Nekat Teror Warga dengan Anak Panah, Apa Motifnya?

2. Rajin Latihan Soal

Tips lolos Sekolah Kedinasan berikutnya yaitu rajin mengerjakan latihan soal. Tujuannya agar lebih terbiasa dengan jenis soal yang disajikan. Dengan begitu, akan lebih mudah menemukan siasat untuk mengerjakan soal-soal tersebut dengan cepat dan tepat.

Saat ini, banyak soal Sekolah Kedinasan yang tersedia gratis di internet. Tidak sedikit pula buku yang menyajikan contoh soal Sekolah Kedinasan sesuai dengan instansi masing-masing.

BACA JUGA:Yuk Tingkatkan Peluang Lolos CPNS 2024, Ini 45 Contoh Soal SKD CPNS yang Bisa Dipelajari

3. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Selain bersiap diri dengan belajar, jangan lupa pastikan kesehatan tubuh dan mental terjaga sebelum mengikuti ujian. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, minum vitamin, dan tidur cukup. Dengan demikian, Anda lebih mudah fokus dan tenang saat mengerjakan soal.

4. Memilih Soal yang Lebih Mudah

Mengutip buku Top Modul: Lolos Tes CPNS dari Tim Smart Genesis, dalam mengerjakan tes SKD, sebaiknya jangan terpaku pada setiap soal secara berurutan. Kerjakan terlebih dulu soal yang dianggap lebih mudah sehingga tidak banyak waktu terbuang untuk mengerjakan soal-soal sulit.

Nutri Septiana

Kategori :