Iklan dempo dalam berita

Mending Pakai Kartu Kredit Atau PayLater? Yuk Simak Perbedaan keduanya, Proses Pengajuan Hingga Bunga

Mending Pakai Kartu Kredit Atau PayLater? Yuk Simak Perbedaan keduanya, Proses Pengajuan Hingga Bunga

Mending Pakai Kartu Kredit Atau PayLater? Yuk Simak Perbedaan keduanya, Proses Pengajuan Hingga Bunga--

BACA JUGA:Pakai GoPayLater Memang Asik Buat Belanja, Kamu Harus Tahu Segini Besaran Denda Kalau Telat Bayar

3. Biaya yang Dibayarkan

Perbedan paylater dan kartu kredit bisa dilihat dari biaya yang harus dibayarkan oleh penggunanya. Biasanya paylater tidak memiliki biaya tahunan, namun biasanya ada biaya tambahan dalam setiap transaksi pinjaman yang berlaku. Selain itu pengguna paylater juga harus membayar denda jika terjadi keterlambatan pembayaran. 

Sementara itu, biaya yang dibayarkan oleh kartu kredit pun cukup beragam, bahkan ada layanan kartu kredit yang memiliki fitur bebas annual fee atau bebas biaya tahunan, sehingga tidak memberatkan nasabahnya.

BACA JUGA:Perbandingan Antara Pinjaman Online dan Kartu Kredit, Apa Pilihan Terbaik?

4. Ruang Lingkup

Dalam ruang lingkupnya, kartu kredit dan paylater berbeda. Jangkauan ruang lingkup kartu kredit lebih luas dari pada paylater. Contohnya, kartu kredit bisa digunakan di berbagai toko atau berbagai platform. Sementara itu, paylater hanya digunakan di platform tertentu saja.

5. Persyaratan pengajuan

Persyaratan kartu kredit lebih panjang dari pada paylater. Dalam pengajuan pembuatan kartu kredit, Anda harus menyerahkan KTP, bukti penghasilan berupa slip gaji, surat pemberitahuan pajak (SPT) atau bukti lainnya.

Di sisi lain, untuk mengajukan paylater Anda hanya perlu memiliki KTP dan berusia 21 tahun saja untuk mengajukan pembuatan paylater.

BACA JUGA:Serupa Tapi Tak Sama, Simak Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit, Mana yang Lebih Untung?

6. Fitur penunjang (khusus untuk kartu kredit jenis tertentu)

Paylater belum menyediakan fasilitas seperti ini. Fitur ini terdapat pada kartu-kartu kredit jenis tertentu, dengan fasilitas-fasilitas khusus yang tidak ditemukan pada metode pembayaran lain. Misalnya fasilitas gratis airport lounge, point reward yang dapat ditukarkan barang atau tiket pesawat, diskon untuk brand tertentu, atau asuransi bisnis.

7. Fasilitas yang ditawarkan

Soal fasilitas lain yang ditawarkan, kartu kredit memiliki kelebihan dibanding paylater. Kredit paylater umumnya tidak memberikan fasilitas lain di luar pembelanjaan. Sedangkan pada kartu kredit, beberapa fasilitas lain yang bisa dijumpai, seperti diskon, promo dan cashback.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: