Iklan dempo dalam berita

Ada 6 Hal Penyebab Batuk yang Wajib Dihindari, Cegah Dengan Obat Herbal dokter Zaidul Akbar

Ada 6 Hal Penyebab Batuk yang Wajib Dihindari, Cegah Dengan Obat Herbal dokter Zaidul Akbar

--

Batuk berdahak merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh memproduksi lendir atau dahak dalam jumlah banyak pada saluran pernapasan. Kondisi ini kerap menyebabkan tenggorokan terasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain mengobati jika sudah terjadi batuk, alangkah baiknya jika melakukan pencegahan sebelum batu itu datang menyerang tubuh. Mencegah batuk dapat dilakukab dengan melakukan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang sehat.

BACA JUGA:Jangan Terlalu Sering Pakai Obat Kimia, Berikut Resep Obat Herbal untuk Atasi Sakit Gigi Ala dr. Zaidul Akbar

Hindari makanan- makanan berikut jika takut terkena batuk :

1. Makanan Pedas

Makanan pedas diketahui mengandung capsaicin yang dapat memicu refleks batuk dan meningkatkan jumlah lendir atau dahak sehingga dapat memperparah gejala batuk.

2. Makanan Manis

Makanan manis menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat batuk dan sakit tenggorokan karena kandungan gula di dalamnya dapat memperparah iritasi dan menyebabkan tenggorokan semakin gatal.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng menggunakan minyak jelantah, merupakan makanan yang harus dihindari saat batuk kering. Pasalnya, minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan berulang kali (minyak jelantah) akan menghasilkan senyawa akrolein, yaitu senyawa aldehid tak jenuh pemicu rasa gatal di tenggorokan.

4. Susu dan Produk Olahannya

Makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak selanjutnya adalah susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt. Mengonsumsi susu dan produk olahannya dapat memperparah gejala batuk, terlebih penderita yang telah mengalami infeksi atau peradangan sebelumnya.

BACA JUGA:Glowing Tanpa Skincare, Rutin Mengonsumsi Bumbu Dapur Ini Kata Dokter Zaidul Akbar

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: