Iklan dempo dalam berita

Anda Wajib Kenali Dulu Tanda dan Gejala Asam Urat, Kemudian Ikuti 9 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Anda Wajib Kenali  Dulu Tanda dan Gejala Asam Urat, Kemudian Ikuti 9 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Anda Wajib Kenali Dulu Tanda dan Gejala Asam Urat, Kemudian Ikuti 9 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami--Foto istimewa

4. Konsumsi kopi

Obat alami asam urat berikutnya adalah kopi. Minuman ini kaya akan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolime purin menjadi asam urat dan meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine. Berkat efeknya tersebut, kopi dapat mencegah asam urat mengendap dan merusak tulang dan sendi. Namun, kopi juga tidak dianjurkan untu dikonsumsi secara berlebihan, karena dapat mengakibatkan sakit maag atau penyakit asam lambung.

BACA JUGA:Selain di Obati, Dengan Panduan Pola Hidup Sehat Berikut, Asam Urat Anda Bisa Sembuh Kok

5. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Tumpukan lemak yang dapat menyebabkan berat badan berlebih sebenarnya juga berkaitan erat dengan tingkat asam urat. Itu sebabnya penderita asam urat juga sangat disarankan untuk rutin berolahraga agar berat badan ideal tetap terjaga. Mulailah dengan olahraga ringan selama 30 menit setiap harinya.

6. Konsumsi unyit

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit pun kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, seperti asam urat. Ini berkat kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang yang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

BACA JUGA:Sering Terasa Nyeri Dipersendian? Itu Tanda Gejala Asam Urat, Hindari 10 Makanan Ini

7. Kelola Tingkat Gula Darah

Riset menunjukkan bahwa tingginya kadar gula bisa memicu peningkatan asam urat pada tubuh. Sehingga diperlukan untuk menjaga kadar gula darah agar tidak naik dan ikut memperparah kondisi asam urat.

8. Atur Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

Mengatur pola makan juga menjadi salah satu cara mengatasi asam urat. Batasi konsumsi daging merah dan makanan cepat saji. Pilihlah makanan yang lebih menyehatkan, misalnya buah segar, sayur-sayuran, gandum utuh, dan minyak zaitun. Namun demikian, hindari mengonsumsi sayur dengan kandungan purin tinggi seperti asparagus dan bayam.

BACA JUGA:Anda Terkena Asam Urat, 8 Jenis Makanan dan Minuman Ini Dilarang Keras Masuk ke Perut

9. Tambahkan Suplemen

Jenis suplemen tertentu dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Namun, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen. Dokter akan merekomendasikan jenis suplemen apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: