Iklan dempo dalam berita

Cara Mengatasi Kaki Berkeringat dan Menghilangkan Bau Kaki Akibat Keringat

Cara Mengatasi Kaki Berkeringat dan Menghilangkan Bau Kaki Akibat Keringat

Gunakan cara berikut agar kaki tidak berkeringat dan menjadi bau--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Anda dapat mengatasi masalah kaki yang mudah berkeringat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Salah satu cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan merendam kaki dalam campuran air khusus yang membantu mengembalikan keseimbangan pH pada kaki.

BACA JUGA:Cara Awet Muda Tanpa Perawatan ke Salon, Cukup Makan Daun Kemangi, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Kondisi kaki yang cenderung berkeringat berlebihan sering kali disebut sebagai hyperhidrosis kaki. Kelebihan produksi keringat pada kaki bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Ketika dibiarkan tanpa penanganan, selain menimbulkan bau yang tidak sedap, kelebihan keringat pada kaki juga dapat berdampak pada kesehatan kaki secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penting untuk mencari cara mengatasi masalah kaki yang berkeringat berlebihan ini. Cara ini cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Campuran air ini menggunakan cuka apel, yang dikenal memiliki sifat-sifat tertentu yang membantu mengatasi masalah kaki yang berkeringat.

BACA JUGA:Atasi Penuaan Dini, Begini Cara Membuat Masker dari Buah Pisang untuk Kesehatan Kulit Wajah

Untuk mengetahui apakah kaki basah dan berkeringat yang Anda alami adalah hal yang normal atau merupakan penanda penyakit, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Selain memeriksa fisik, dokter mungkin juga perlu melakukan pemeriksaan penunjang seperti panel tiroid, kadar gula darah, atau pemeriksaan lainnya sesuai dengan arah kecurigaan awalnya. 

Bila penyebabnya sudah diketahui, barulah dokter dapat membuatkan rencana terapi yang sesuai.Pada umumnya keluhan kaki berkeringat dan basah membaik dengan sendirinya bila penyebab teratasi. 

BACA JUGA:Buat Para Pecandu Kopi, Ikuti 10 Pola Berikut Biar Hobi Ngopi Anda Tetap Baik untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keringat dan bau kaki:

  • Pilih alas kaki yang sesuai dengan kondisi kaki; pilih bahan yang menyerap keringat, ukuran tidak terlalu sempit, tipis, kalau memungkinkan terbuka agar sirkulasi udara di kaki baik.
  • Hindari hal-hal yang menyebabkan kaki Anda berkeringat. Misalnya bila kaki berkeringat setiap kali pakai sepatu dan kaus kaki, sedapat mungkin Anda bertelanjang kaki.
  • Cuci kaus kaki yang sudah dipakai dengan sabun dan air bersih, lalu dijemur sampai kering di bawah terik matahari; jangan menyimpan kaus kaki yang sudah dipakai dalam sepatu atau hanya diangin-anginkan lalu dipakai lagi keesokan hari. Kaus kaki harus dicuci setiap kali selesai digunakan, seperti halnya pakaian dalam.
  • Jika memungkinkan, cucilah sepatu Anda secara rutin seminggu sekali. Bila sepatu terbuat dari bahan yang tidak bisa dibersihkan dengan baik (misalnya kulit), selalu gunakan kaus kaki saat memakainya.
  • Cuci kaki setidaknya 2 kali sehari dengan sabun dan air bersih, termasuk sela-sela jari. Cuci juga kaki Anda setiap kali kotor. Potong pendek kuku kaki dan bersihkan juga.
  • Rendam kaki yang sudah dibersihkan dalam air hangat yang diberi garam atau baking soda selama 15-20 menit.
  • Keringkan kaki yang sudah dicuci / direndam dengan paper towel sampai kering betul, terutama di sela-sela jari.
  • Gunakan deodoran / anti prespirant, bedak anti jamur, semprotan kaki, atau produk lain untuk mencegah kaki berkeringat / bau.
  • Hindari hal yang memicu terjadinya kaki berkeringat / bau, misalnya bila kaki Anda cenderung berkeringat saat Anda lapar (hipoglikemia), maka Anda perlu memastikan untuk tidak kelaparan dengan meningkatkan frekuensi makan agar lebih sering, namun dengan porsi lebih kecil agar Anda tidak menjadi kelebihan berat badan.
  • Bila keluhan terus berlanjut setelah menerapkan berbagai hal di atas, berobatlah ke dokter.

BACA JUGA:Bagi yang Tidak Suka Minum Kopi, Ketahui Ini 14 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Cuka apel dapat membantu menjaga pH kaki tetap seimbang, mengurangi produksi kelenjar keringat, dan memiliki sifat antibakteri yang membantu mengendalikan bau kaki.

Untuk membuat rendaman kaki ini, Anda hanya perlu air bersih dan cuka apel. Caranya adalah dengan mencampurkan keduanya dalam proporsi yang tepat. Kemudian, rendam kaki Anda dalam campuran ini selama sekitar 15-20 menit, sebelum membilasnya dengan air bersih. Setelah itu, pastikan untuk mengeringkan kaki dengan baik agar tetap kering.

Dengan melakukan cara ini secara berkala, Anda dapat membantu mengembalikan keseimbangan kaki Anda. Setelah kaki kembali normal, Anda mungkin tidak perlu melakukan perawatan ini setiap hari. Pemberian jeda dalam perawatan sangat dianjurkan, dan perlu diingat untuk tidak menggunakan campuran ini secara berlebihan setelah kondisi kaki membaik.

BACA JUGA:Olahraga Jalan Kaki Ala Rasulullah SAW, Terbukti Bermanfaat Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: