Iklan dempo dalam berita

Mau Punya Umur Lebih Panjang, Coba Terapkan 5 Pola Hidup Sehat Ini

Mau Punya Umur Lebih Panjang, Coba Terapkan 5 Pola Hidup Sehat Ini

Terapkan 5 Pola Hidup Sehat agar panjang umur--Foto: ist

3. Miliki berat badan yang ideal

Memiliki berat badan ideal juga termasuk syarat yang harus diupayakan agar harapan hidup semakin tinggi. Berat badan berlebih atau obesitas nyatanya menjadi salah satu faktor kematian dini yang bisa menyerang siapa saja. Perhatikan body mass index atau indeks massa tubuh yang dapat dijadikan acuan untuk melihat apakah berat badan Anda masuk dalam golongan normal, kurang, atau berlebih. Menurut WHO, indeks massa tubuh yang normal berada di kisaran angka 18,5 - 24,9.

BACA JUGA:6 Ciri Orang Berumur Panjang, Nomor 1 Banyak yang Tidak Suka

4. Tidak merokok

Kebiasaan merokok sangat merugikan kesehatan tubuh karena dapat memicu penyakit berbahaya yang berujung pada kematian, seperti kanker, penyakit jantung, dan pernapasan. Harapan hidup perokok setidaknya 10 tahun lebih pendek dibandingkan non-perokok. Dikutip dari WHO, rokok membunuh lebih dari 8 juta orang setiap tahun. 

Lebih dari 7 juta kematian tersebut berasal dari kelompok perokok aktif, sementara sekitar 1,2 juta merupakan orang-orang yang terpapar asap rokok. Jadi, pilihan untuk tidak merokok bukan hanya demi kebaikan diri Anda sendiri, tapi juga untuk melindungi orang-orang terkasih di sekitar Anda. 

BACA JUGA:Begini Kebiasaan Orang Berumur Panjang, Diantaranya Cukup Tidur

5. Hindari stres berlebihan

Stres yang berlebihan dapat memengaruhi metabolisme tubuh sehingga memicu dampak lain dari kondisi obesitas, seperti diabetes. Stres juga melemahkan kemampuan tubuh untuk mengatur emosi dan berpikir jernih, sehingga stres kronis dapat berujung pada tanda penuaan dini dan perubahan fisiologis, contohnya adalah peningkatan resistensi insulin. Hal tersebut dimuat dalam sebuah jurnal berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2021 di Amerika Serikat.

BACA JUGA:Ingin Umur Panjang? Coba 5 Minuman Ini, Salah Satunya Paling Disukai Kaum Pria

Daya tahan tubuh yang melemah karena stres tentu berpengaruh pada tingkat harapan hidup seseorang. Karena itu, regulasi emosi dan mengelola stres merupakan langkah terbaik yang harus dipelajari sejak usia muda. 

Nah, ada satu lagi hal paling penting yang juga bisa dilakukan untuk meningkatkan umur panjang, yaitu berolahraga.

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: