Iklan dempo dalam berita

Ada Jatah 8.600 Kursi, Ini Cara Mendapatkan Tiket Mudik Lebaran Gratis dari Bank Mandiri Melalui Indomaret

Ada Jatah 8.600 Kursi, Ini Cara Mendapatkan Tiket Mudik Lebaran Gratis dari Bank Mandiri Melalui Indomaret

Cara mendapatkan tiket mudik gratis dari Bank Mandiri--

Apabila ditarik jauh ke belakang, fenomena mudik sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Dahulu, kegiatan mudik dilakukan oleh para Petani Jawa, untuk kembali ke kampung halamannya atau daerah asalnya untuk membersihkan makam leluhurnya.

Apabila diartikan secara bahasa, Mudik dalam Bahasa Jawa merupakan singkatan dari kata ‘Mulih Diluk’ yang mengandung arti pulang ke kampung halaman sebentar.

Dalam bahasa Betawi, Mudik merupakan singakatan dari ‘Menuju Udik’ yang memiliki arti pulang kampung.

Apabila berbicara mengenai motif mudik yang terjadi secara konteks rasionalisasi masyarakat. Sejak tahun 1970-an, masyarakat yang mudik memiliki motif tradisionalistik. Yakni warga kota kembali mengisi kegiatan dan pola kehidupan tradisonalnya di kampung halamannya.

BACA JUGA:Yakin Ga Kepincut Kredit Mobil Honda Brio Cicilan Rp 2 Juta, Simak DP dan Tenornya Disini

Namun di awal abad ke-21 ini, motif mudik telah bergeser ke arah yang lebih rasional. Biasanya mereka melakukan aktivitas mudik dengan alasan praktis, seperti: Pertama, rekreasi keluarga dalam suasana kekeluargaan. Kedua, pertemuan keluarga luas yang praktis, efisien, dan pada saat yang tepat secara sosio-kultural.

Mengutip dari penelitian Universitas Indonesia, apabila dikaji secara sosilogis, mudik memiliki dua keuntungan.

Pertama, sebagai sarana untuk pemerataan sosial-ekonomi, karena orang yang mudik akan membawa uang banyak yang kemudian dibelanjakan di kampung halamannya.

Kedua, mudik juga merupakan sarana untuk memulihkan energi produktif. Artinya, setelah mudik, energi positif seseorang akan terpupuk kembali, yang kemudian diharapkan dapat menopang produktivitas ketika kembali lagi ke kota.

BACA JUGA:Waspada Pinjol Ilegal Ada Dimana-mana! Begini Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Tanpa Sebar Data

Selain memiliki keuntungan, fenomena mudik ini juga memiliki kerugian. Yakni, melonjaknya masalah transportasi seperti terjadi kemacetan di mana-mana, keamanan seperti terjadi penjarahan di rumah yang ditinggal mudik, lingkungan atau polusi, dan ekonomi rumah tangga. 

Itulah ulasan mengenai sejarah mudik di Indonesia, sejak awal muncul hingga menjadi trend di Indonesia.

Berikut juga dengan penjelasan keuntungan dan kerugian adanya fenomena mudik di Indonesia ini.

Demikian informasi mengenai ada jatah 8.600 kursi, ini cara dapat tiket mudik gratis lebaran 2024 dari Bank Mandiri melalui Indomaret. Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: